• Selasa, 27 September 2022

Konten YouTube Bisa Digunakan sebagai Jaminan Hutang di Bank

- Minggu, 24 Juli 2022 | 10:32 WIB
Ilustrasi uang. /Reuters/Willy Kurniawan/pikiran-rakyat.com
Ilustrasi uang. /Reuters/Willy Kurniawan/pikiran-rakyat.com

SABAKOTA.ID JAKARTA - Ini merupakan berita baru yang menggembirakan bagi para kreator media sosial.  Betapa tidak? Kekayaan intelektual bisa dijadikan jaminan hutang di bank dan lembaga keuangan nonbank.

Hal itu diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif.

Lagu, lukisan, film, hingga konten YouTube  merupakan beberapa jenis kekayaan intelektual yang bisa dijadikan sebagai jaminan hutang ke lembaga keuangan bank maupun nonbank.

Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly memaparkan kebijakan tersebut dalam acara Roving Seminar Kekayaan Intelektual di Yogyakarta, Kamis 21/7/2022.

Baca Juga: IMF Diminta Berikan Narasi Positif atas Perekonomian Indonesia

Dikutip dari laman resmi Kemenkumham, Yasonna menuturkan bahwa lembaga keuangan akan menentukan nilai kekayaan intelektual.

Besar pinjaman yang diberikan akan sesuai dengan nilai dan potensi ekonomi dari karya cipta, merek, atau paten yang dimiliki. Semakin tinggi value suatu karya, akan semakin besar pembiayaan yang diberikan.

Sesuai dengan PP Nomor 24 Tahun 2022 Pasal 7, ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelaku kreatif jika ingin mengajukan pembiayaan dengan menggunakan karya-karya mereka sebagai jaminannya.

Baca Juga: Rest Area Heritage KM 206B Brebes Dapat Apresiasi Menkop UKM dan Gubernur Jateng

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: Kementrian Hukum dan HAM

Tags

Terkini

Dampak Kenaikan Suku Bunga, Pasar Global Anjlok Drastis

Minggu, 25 September 2022 | 07:57 WIB

Erick dan Teten Luncurkan Solar untuk Nelayan

Minggu, 18 September 2022 | 07:34 WIB

Khofifah Bangga Jatim Ekspor Sepatu Olahraga ke China

Minggu, 28 Agustus 2022 | 09:21 WIB
X