• Selasa, 27 September 2022

Hingga Mei 2022, Nilai Perdangan Indonesia dan Korsel Surplus 500 Juta Dolar AS

- Jumat, 29 Juli 2022 | 07:23 WIB
Presiden Jokowi dan Presiden Yoon
Presiden Jokowi dan Presiden Yoon

SABAKOTA.ID JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini hubungan kerja sama Indonesia-Korea Selatan akan makin kokoh, khususnya kemitraan di bidang ekonomi.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol usai melakukan pertemuan bilateral, di Kantor Kepresidenan Yongsan, Seoul, Korea Selatan, Kamis (28/7/2022).

“Kita sambut baik tren perdagangan bilateral yang terus meningkat, kita sepakat terus membuka akses pasar, mengatasi hambatan-hambatan perdagangan, dan mempromosikan produk-produk unggulan kedua negara,” kata Presiden Jokowi.

Saat ini, nilai perdagangan Indonesia dan Korea Selatan mengalami peningkatan signifikan. Pada periode Januari hingga Mei 2022, Indonesia sudah memperoleh surplus perdagangan lebih dari US$ 500 juta. Bahkan, nilai perdagangan pada tahun 2021 angkanya telah melampaui US$ 18 miliar.

Baca Juga: IMF Diminta Berikan Narasi Positif atas Perekonomian Indonesia

Kepala Negara mengungkapkan bahwa akan terus mendorong implementasi konkret Indonesia-Korea Economic Partnership Agreement.

Di bidang investasi, Presiden Jokowi menyampaikan investasi Korea Selatan di Indonesia tumbuh pesat dan prospek yang baik di beberapa bidang seperti industri baja, petrokimia, baterai kendaraan listrik, industri kabel listrik, dan telekomunikasi, serta garmen dan energi terbarukan.

“Dalam pertemuan dengan Presiden Yoon, secara khusus saya mendorong kerja sama investasi dari Korea terutama di bidang percepatan pembangunan ekosistem mobil listrik di Indonesia termasuk proyek industri baterai terintegrasi dengan pertambangan dan industri baja otomotif untuk kendaraan listrik,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Hingga Saat Ini Telah 220.000 Kendaraan Mendaftar pada Aplikasi MyPertamina

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: Berita Satu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dampak Kenaikan Suku Bunga, Pasar Global Anjlok Drastis

Minggu, 25 September 2022 | 07:57 WIB

Erick dan Teten Luncurkan Solar untuk Nelayan

Minggu, 18 September 2022 | 07:34 WIB

Khofifah Bangga Jatim Ekspor Sepatu Olahraga ke China

Minggu, 28 Agustus 2022 | 09:21 WIB
X