• Selasa, 27 September 2022

Tungguk Tembakau Awali Panen di Lereng Merbabu

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 08:33 WIB
Bupati Boyolali M Said Hidayat lakukan pemetikan tembakau
Bupati Boyolali M Said Hidayat lakukan pemetikan tembakau

SABAKOTA.ID BOYOLALI - Masyarakat Desa Senden, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, pada Kamis (4/8/2022), berkumpul dan meramaikan jalur pedesaan, yang kanan kirinya ditumbuhi oleh tanaman tembakau.

Dengan memakai pakaian tradisional, masyarakat lereng Gunung Merbabu ini terlihat gembira untuk mengikuti dan menyaksikan ritual petik daun tembakau, sebagai tanda syukur atas hasil panen tembakau tahun ini.

Tradisi ini diawali dengan kirab budaya yang membawa hasil bumi dan gunungan tembakau  diiiringi sejumlah kesenian tradisional, mengelilingi sepanjang jalan desa.

Baca Juga: Harga Emas Kembali Menguat 30,5 Dolar AS

Bupati Boyolali M Said Hidayat menyampaikan, tungguk tembakau merupakan tradisi yang digelar saat mengawali panen tembakau, di mana tungguk diartikan memetik.

Ritual itu sebagai wujud syukur para petani lereng Gunung Merbabu wilayah Kabupaten Boyolali, sebelum memulai panen tembakau.

Menurutnya, tradisi Tungguk Tembakau tersebut digelar sekaligus untuk melestarikan nilai-nilai budaya yang harus tetap dijaga.

“Sehingga ke depan ini tetap harus kita jaga dan kita laksanakan kelestarian budaya lokal kita. Ini semua pentingnya untuk bersama-sama memanjatkan doa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa agar para petani-petani kita ini tetap terjaga kesehatannya, para petani-petani kita ini akan mampu merasakan hasil panen yang baik ke depan,” ungkap Said.

Baca Juga: Harga BBM Non Subsidi Resmi Naik Per 3 Agustus 2022, Berikut Daftar Harganya

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Terkini

Dampak Kenaikan Suku Bunga, Pasar Global Anjlok Drastis

Minggu, 25 September 2022 | 07:57 WIB

Erick dan Teten Luncurkan Solar untuk Nelayan

Minggu, 18 September 2022 | 07:34 WIB

Khofifah Bangga Jatim Ekspor Sepatu Olahraga ke China

Minggu, 28 Agustus 2022 | 09:21 WIB
X