• Selasa, 27 September 2022

Harga MinyakJatuh, Dibayangi Resesi Ekonomi Global

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 08:01 WIB
Ilustrasi eksplorasi minyak
Ilustrasi eksplorasi minyak

SABAKOTA.ID JAKARTA - Harga minyak turun lebih 1% pada Selasa (16/8/2022) dalam perdagangan yang berfluktuasi karena data ekonomi memicu kekhawatiran potensi resesi global. Sementara pasar menunggu kejelasan pembicaraan untuk menghidupkan kembali kesepakatan yang memungkinkan minyak Iran diekspor lebih banyak.

Harga minyak mentah berjangka Brent melemah 2,9% pada US$ 92,34 per barel, setelah mencapai level tertinggi US$ 95,95. Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate jatuh 3,2% menuju US$ 86,53 per barel. Kedua kontrak harga minyak turun sekitar 3% pada sesi sebelumnya.

Sementara Uni Eropa (UE) sedang menilai tanggapan Iran terhadap apa yang disebut blok itu sebagai proposal "final" untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir 2015. Seorang juru bicara Uni Eropa mengatakan pada Selasa (16/8/2022) pihaknya sedang berkonsultasi dengan Amerika Serikat.

Baca Juga: Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Pastikan Tidak Akan Terjadi Lonjakan Harga Mi Instan

Iran menanggapi proposal itu pada Senin malam (15/8/2022). Sayangnya Teheran tidak memberikan perincian tentang isi balasan. Begitu halnya UE tidak memberikan penjelasan.

"Masih belum jelas apa yang dikatakan Iran kepada Uni Eropa, sehingga beberapa item rumit mungkin berdampak pada hasil kesepakatan nuklir," kata analis UBS Giovanni Staunovo.

Sementara melemahnya indikator data ekonomi membebani harga minyak. Pembangunan rumah Amerika Serikat (AS) jatuh ke level terendah dalam 1,5 tahun pada Juli, terbebani tingkat hipotek tinggi dan harga bahan bangunan. Hal ini menunjukkan pasar perumahan dapat berkontraksi pada kuartal ketiga.

"Trader minyak bereaksi karena kekhawatiran perlambatan ekonomi dan perumahan menggunakan energi," kata analis di grup Price Futures, Phil Flynn.

Baca Juga: Wall Street Menguat Menyusul Inflasi AS yang Melambat

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: beritasatu.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dampak Kenaikan Suku Bunga, Pasar Global Anjlok Drastis

Minggu, 25 September 2022 | 07:57 WIB

Erick dan Teten Luncurkan Solar untuk Nelayan

Minggu, 18 September 2022 | 07:34 WIB

Khofifah Bangga Jatim Ekspor Sepatu Olahraga ke China

Minggu, 28 Agustus 2022 | 09:21 WIB
X