• Minggu, 27 November 2022

Dampak Kenaikan Suku Bunga, Pasar Global Anjlok Drastis

- Minggu, 25 September 2022 | 07:57 WIB
Ilustrasi pasar saham Wall Street
Ilustrasi pasar saham Wall Street

SABAKOTA.ID JAKARTA - Saham-saham di seluruh dunia anjlok hari Jumat (23/9/2022) di tengah semakin banyaknya indikasi melemahnya perekonomian dunia, seiring kebijakan bank-bank sentral yang menaikkan tingkat suku bunga.

Standard&Poor 500% ditutup melemah 1,72% di posisi 3.693, menambah kesuraman pada minggu yang berat. Penurunan ini mendekati titik terendah tahun ini yang tercatat pada pertengahan Juni lalu.

Saham-saham Eropa turun sama tajamnya atau bahkan lebih, setelah data awal menunjukkan aktivitas bisnis mengalami kontraksi bulanan terburuk sejak awal 2021.

Baca Juga: Menkeu Dorong APBN dan APBD Jadi Instrumen Bangsa untuk Pulih Lebih Cepat Bangki Lebih Kuat

Hal lain yang menambah tekanan adalah rencana baru yang diumumkan pemerintah Inggris untuk memotong pajak, yang membuat imbal hasil Inggris melonjak karena pada akhirnya memaksa bank sentralnya menaikkan suku bunga lebih tajam lagi.

Bank Sentral Amerika dan bank-bank sentral lain di seluruh dunia telah secara agresif menaikkan suku bunga minggu ini dengan harapan dapat mengurangi inflasi yang tinggi. Mereka mengatakan akan mendorong kenaikan suku bunga yang lebih besar di masa depan.

Tetapi langkah itu juga mengerem laju perekonomian, mengancam terjadinya resesi karena melambatnya pertumbuhan di seluruh dunia.

Baca Juga: Terdampak Ekonomi Global, Shoppe Indonesia Lakukan PHK Karyawan

Selain data aktivitas bisnis Eropa yang mengecewakan pada hari Jumat, sebuah laporan terpisah menunjukkan aktivitas Amerika yang juga masih menyusut meski tidak separah bulan-bulan sebelumnya.

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: VOA Indonesia

Tags

Terkini

Tiongkok Akan Impor 1 Juta Ton CPO dari Indonesia

Sabtu, 12 November 2022 | 05:39 WIB

Harga Emas Melemah, Dolar AS Menguat

Selasa, 1 November 2022 | 07:46 WIB

Pasangan Belum Nikah Cek In di Hotel Bakal Kena Pidana

Minggu, 23 Oktober 2022 | 08:56 WIB

Rumah Mocaf Banjarnegara Ekspor Tepung Mocaf ke Turki

Selasa, 18 Oktober 2022 | 07:42 WIB

Dampak Kenaikan Suku Bunga, Pasar Global Anjlok Drastis

Minggu, 25 September 2022 | 07:57 WIB
X