• Selasa, 31 Januari 2023

Rumah Mocaf Banjarnegara Ekspor Tepung Mocaf ke Turki

- Selasa, 18 Oktober 2022 | 07:42 WIB
Rumah Mocaf Banjarnegara Ekpor Tepung Mocof ke Turki
Rumah Mocaf Banjarnegara Ekpor Tepung Mocof ke Turki

SABAKOTA.ID BANJARNEGARA - Sebuah terobosan baru telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah dalam hal ekspor tepung mocaf (modified cassava flour).

Penjabat Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto secara resmi melepas ekspor 45 ton tepung mocaf buatan Rumah Mocaf Banjarnegara dengan negara tujuan Turki.

"Kegiatan pelepasan ekspor mocaf merupakan bentuk dukungan pemerintah dalam pengembangan dan kemajuan produk UMKM yang ada di Kabupaten Banjarnegara," kata Tri Harso saat memberi sambutan dalam pelepasan ekspor di halaman Pendopo Dipayuda, Banjarnegara, Senin (17/10/2022).

Baca Juga: Ekonomi Indonesia Akan Mampu Hadapi Ancaman Krisis Global

Melalui ekspor perdana itu, Tri Harso mengharapkan produk-produk UMKM di Banjarnegara bisa lebih berkembang dan juga semakin terkenal tidak hanya di Indonesia juga mancanegara.

Pada kesempatan yang sama, pemilik Rumah Mocaf Banjarnegara Riza Azyumarridha Azra mengatakan kegiatan tersebut merupakan ekspor perdana ke Turki.

"Namun ini bukan ekspor yang pertama kali dilakukan karena Rumah Mocaf sendiri sudah melakukan ekpor ke sejumlah negara seperti Malaysia, Singapura, Dubai, Oman, dan Inggris," jelasnya.

Baca Juga: Akal Bulus Irjen Pol Tedy Minahasa Putra Ketahuan, Tukar Barang Bukti Sabu dengan Tawas

Dkatakan oleh Riza bahwa Rumah Mocaf Banjarnegara melakukan ekspor sejak tahun 2020 dan pengiriman terakhir sebanyak 20 ton dengan tujuan Oman.

Adapun ekspor perdana ke Turki berawal dari kegiatan pameran pangan internasional di Istanbul, Turki.

"Ekspor mocaf senilai lebih dari Rp2 miliar ini akan melalui Pelabuhan Tanjung Perak menuju Turki," katanya.

Baca Juga: JPU Sebut Tindakan Sambo Tak Cerminkan Dirinya sebagai Perwira Tinggi. Sidang Dilanjutkan 20 Oktober 2022

Lebih lanjut, Riza mengakui saat ini permintaan produk tepung singkong sedang meningkat di seluruh dunia.

Oleh karena itu, dia mengharapkan ke depannya makin banyak pelaku UMKM yang memproduksi tepung mocaf dan makin banyak pula masyarakat yang mengonsumsinya.

"Untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan, kami memiliki serapan singkong yang kami dapat dari sekitar Banjarnegara khususnya di Kecamatan Punggelan. Singkongnya kami olah menjadi tepung mocaf dengan harapan singkong ini bisa bernilai jual lebih tinggi," katanya. **

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: Instagram @kabupatenbanjarnegara

Tags

Terkini

Presiden Bersyukur IHSG di Indonesia Tumbuh Positif

Selasa, 3 Januari 2023 | 07:23 WIB

Bapanas Usul Beras Komersil Bulog Dialihkan ke CBP

Jumat, 9 Desember 2022 | 06:35 WIB
X