SABAKOTA.ID – Pelatihan strategi pengembangan desain produk bagi para pelaku usaha UMKM di sentra Kampoeng Rajoet, Bandung, diselenggarakan oleh cluster dosen Manajemen S-1 Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Widyatama Bandung.
Kegiatan yang dilaksanakan Jumat 30 Desember 2022 itu merupakan program pengabdian kepada masyarakat (PKM) secara rutin dan berkelanjutan antara lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Widyatama (UTama), FEB, Prodi S-1 Manajemen, cluster dosen dan pelaku usaha UMKM.
Program kolaborasi ketiga unsur yang diselenggarakan setiap semester itu kali ini mengusung tema “Peltihan Strategi Pengembangan Desain Poduk untuk UMKM Kampoeng Rajoet di Lingkungan Binong Jati Kota Bandung.”
Baca Juga: Jokowi Berharap Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Tingkatkan Dinamika Ekonomi
Diharapkan pelatihan tersebut dapat memberikan manfaat kepada para UMKM untuk meningkatkan omzet penjualannya setelah melakukan pengembangan desain produknya.
Tentang manfaat pelatihan, perwakilan peserta pelaku usaha UMKM Kampoeng Rajoet, Tina mengatakan bahwa para pelaku usaha membutuhkan konsep dan teori yang jelas tentang bagaimana caranya mengembangkan suatu desain produk agar usaha bisa bertahan atau bahkan berkembang di era persaingan yang sangat ketat.
Persaingan usaha dalam desain produk ini bukan hanya terjadi di Indonesia namun juga di luar negeri, kerena pelaku usaha UMKM Kampeong Rajoet sudah melakukan bisnis secara ekspor dan impor..
Tina menyampaikan para pelaku usaha UMKM Kampoeng Rajoet masih banyak membutuhkan ilmu dan pengetahuan tentang desain produk yang inovatif sehingga bisa terus meningkatakan penjualan terutama setelah pandemic Covid 19 yang sangat berdampak terhadap pemasaran UMKM Kampoeng Rajoet
Baca Juga: Tiket Pertandingan Timnas Indonesia Vs Timnas Vietnam pada Semifinal Piala AFF 2022 Habis Terjual
Dlam kaitan cluster dosen yang beranggotakan Dr. Keni Kaniawati, Dr. Santos Winarso Dwiyogo, Ismail Solihin, M.Si., Dr. Rizal Ramdan Padmakusumah, Fadhlan Ridhwana Sujana, M.M., dan Gina Apryani Nurunnisha, MBA, sengaja menyiapkan dan menyelengarakan pelatihan khusus tentang Pengembangan desain produk sesuai kebutuhan pelaku usaha.
Pelatihan diselenggarakan dengan menerapkan sistem diskusi dan interaktif dimana para peserta. Mereka bisa bebas mengemukakan segala problematika tetang pemasaran kepada instrukturnya.
Adam Faritzal., selain sebagai instruktur pelatihan juga selaku ketua cluster Dosen FEB Universitas Widyatama yang berpengalaman 12 tahun memberikan pelatihan di perusahaan-perusahaan Swasta, BUMN, BUMD dan pemerintahan.
Dalam pemaparan materinya, Adam yang juga memiliki kanal youtube pembelajaran menyatakan, pemasaran merupakan ilmu dan seni yang dipergunakan untuk bisa membaca kebutuhan dan keinginan konsumen dengan tujuan akhir bisa menciptakan loyaltas konsumen.
Baca Juga: Resmi Jadi WNI, Shayne Elian Jay Pattynama Segera Gabung Timnas Indonesia