• Senin, 23 Mei 2022

Presiden Filipina Rodrigo Duterte Perintahkan Tangkap Warga yang Tolak Divaksin Covid 19

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 15:32 WIB
Presiden Filipina Rodrigo Duterte./ /Reuters/Hoang Dinh Nam./pikiran-rakyat.com
Presiden Filipina Rodrigo Duterte./ /Reuters/Hoang Dinh Nam./pikiran-rakyat.com

SABAKOTA.ID – Berbagai tingkah penolakan warga atas kewajiban vaksinasi Covid 19 terjadi pula di negara tetangga, Filipina.

Namun Presiden Filipina Rodrigo Duterte memerintahkan penangkapan terhadap orang-orang yang menolak mendapat vaksin Covid-19 di negaranya.

Perintah itu  disampaikan Rodrigo  Duterte  saat Filipina melaporkan jumlah 21.819 infeksi Covid-19 baru, meningkatkan tingkat kepositifan negara itu ke level tertinggi sebesar 40 persen dari 70.049 tes yang dilakukan.

Baca Juga: Seorang Pria India Mengaku Menerima 11 Kali Suntikan Vaksin Covid 19

Pernyataan Rodrigo Duterte tersebut juga ditujukan untuk mengekang kasus "berderap" yang didorong oleh varian Covid-19,  Omicron di Filipina.

Dengan jumlah infeksi terbaru pada Jumat (07/01), Filipina mencapai tingkat positif tertinggi untuk hari ketiga berturut-turut, sementara total beban kasus sejak pandemi mendekati tiga juta.

Sekarang ada 77.369 kasus aktif yang tercatat secara resmi di negara ini, tertinggi sejak 17 Oktober lalu. Sementara itu, 129 kematian baru dilaporkan sehingga jumlah kematian resmi menjadi 51.871, meskipun jumlah kematian sebenarnya bisa lebih tinggi.

Baca Juga: Presiden China Xi Jinping Kirim Pesan Khusus untuk Presiden Kazakhstan

Peningkatan kasus yang tiba-tiba itu, telah mendorong Rodrigo Duterte pada Kamis lalu memerintahkan penangkapan terhadap orang-orang yang menolak divaksinasi dan  melanggar peraturan perintah tinggal di rumah.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Terkini

X