• Senin, 23 Mei 2022

Putusan Presiden Jokowi Larang Ekspor Batu Bara Selama Januari 2022. Berani atau Negat?

- Senin, 10 Januari 2022 | 13:27 WIB
Jepang, Korsel, Filipina dan Australia  Minta Indonesia Cabut Larangan Ekspor Batu Bara, Rocky Gerung: Dia Berhitung Bahwa Ini Bisa Berbahaya. /Ilustrasi/Steve Buissinne/PIXABAY/stevepb./kabarbesuki.pikiran-rakyat.com
Jepang, Korsel, Filipina dan Australia Minta Indonesia Cabut Larangan Ekspor Batu Bara, Rocky Gerung: Dia Berhitung Bahwa Ini Bisa Berbahaya. /Ilustrasi/Steve Buissinne/PIXABAY/stevepb./kabarbesuki.pikiran-rakyat.com

SABAKOTA.ID – Nampaknya baru terjadi di republik ini sebuah keputusan presiden telah mengundang reaksi luar biasa dari berbagai negara yang berkepentingan dengan putusan tersebut.

Presiden Joko Widodo mungkin termasuk seorang pemimpin bangsa Indonesia yang langka jika tidak bisa dikatakan berani mengambil resiko apapun bentuknya dengan segala bentuk putusannya.

Setelah putusannya berkaitan dengan larangan ekspor bijih nikel ke Eropa beberapa waktu lalu, karena berselisih paham tentang perdagangan minyak sawit yang ditolak negara2 MEE, kini muncul putusan terbaru yaitu larangan ekspor batu bara  selama Januari 2022.

Baca Juga: Ferdinand Hutahaean Hadiri Panggilan Polisi. Bawa Dokumen Riwayat Kesehatan Sebagai Dasar Cuitannya..

Tentu saja seperti halnya larangan ekspor Nikel yang kemudian hingga menjadi timbulnya gugatan perdata MEE ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), larangan ekspor batu barapun mulai memunculkan protes dari sejumlah negara yang merasa dirugikan.

Presiden Jokowi melandaskan putusannya terhadap pentingnya menjaga stabilitas stock hasil tambang, termasuk batu bara untuk kepentingan nasional.

Baca Juga: Waspada !, Omicron Masih Merajalela Syprus Melaporkan Munculnya Varian Paling Baru, Deltacron.

Masalah stop ekspor batu bara ini bermula dari munculnya peringatan PLN yang mengkhawatirkan akan terjadinya pemadaman aliran listrik kepada 10 juta pelanggan karena ketiadaan stock batu bara sebagai energy pembangkit listrik.

Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang  ekspor batu bara, membuat negara pengimpor merasakan imbasnya.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Terkini

X