• Senin, 23 Mei 2022

Paus Fransiskus Minta Permasalahan di Kazakhstan Segera Diselesaikan

- Senin, 10 Januari 2022 | 20:31 WIB
Paus Fransiskus buka suara mengenai kerusuhan di Kazakhstan./twitter.com/crimethinc
Paus Fransiskus buka suara mengenai kerusuhan di Kazakhstan./twitter.com/crimethinc
 
 
SABAKOTA.ID - Pemimpin umat Kristiani, Paus Fransiskus, akhirnya buka suara mengenai kerusuhan  di Kazakhstan selama sepekan terakhir.
 
Ia meminta para pemimpin Kazakhstan  menjalani dialog dan diplomasi agar kerusuhan bisa segera usai.
 
Kerusuhan Kazakhstan awalnya dipicu  kenaikan harga BBM dan gas bumi semenjak hari pertama 2022. Harga BBM dan gas bumi meroket tajam karena pemerintah Kazakhstan sudah tidak lagi memberlakukan kebijakan subsidi.
 
 
Total, ada ratusan orang dari kelompok masa yang menjadi korban kerusuhan. Tidak cuma itu, belasan anggota pasukan pengamanan juga harus meregang nyawa dalam kerusuhan Kazakhstan.
 
"Saya sangat prihatin karena telah ada korban jiwa dalam aksi protes selama beberapa hari terakhir di Kazakhstan," ungkap Paus Fransiskus dikutip Sabakota dari The Hill.
 
 
"Saya mengirim doa kepada para korban dan keluarganya. Saya berharap kedamaian bisa kembali terjadi secepat mungkin melalui proses dialog maupun diplomasi demi kebaikan umat manusia," imbuh pria berumur 85 tahun itu.
 
Situasi di Kazakhstan kini sudah mulai membaik. Pasukan pengamanan berhasil meredakan gelombang protes dan kembali mengambil alih kontrol di kota terbesar Kazakhstan, Almaty.
 
 
Penangkapan mantan Perdana Menteri, Karim Massimov, menjadi salah satu faktor yang turut meredakan gelombang protes dan kerusuhan Kazakhstan. Massimov dan belasan orang lainnya diciduk atas dugaan pengkhianatan terhadap negara dan menjadi dalang terjadinya kerusuhan.
 
Menurut laporan media-media setempat, pasukan pengamanan kini sedang mencari sosok yang turut terlibat dalam aksi protes pekan lalu. Tentara Kazakhstan tengah berkeliling dari rumah ke rumah dan menangkapi para anggota protes.**
 

Editor: Otang Fharyana

Sumber: The Hill

Tags

Terkini

X