• Sabtu, 20 Agustus 2022

Korea Utara Luncurkan Tiga Misil dalam Dua Pekan Terakhir

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 08:29 WIB
Ilustrasi perkembangan nuklir di Korea Utara. /Wall Street Journal/pikiran-rakyat.com
Ilustrasi perkembangan nuklir di Korea Utara. /Wall Street Journal/pikiran-rakyat.com
 
SABAKOTA.ID - Korea Utara kembali mendapat sorotan tajam dari media-media barat. Pasalnya, negara Asia Timur itu diketahui telah meluncurkan tiga misil balistik sepanjang 2022.

Korea Utara meluncurkan misil pertamanya beberapa hari setelah perayaan tahun baru 2022. Selongsong misil itu mendarat di bagian barat Laut Jepang. Aksi tersebut berbuah sanksi ekonomi dari Amerika Serikat.

Sanksi AS  membuat Korea Utara murka. Mereka meluncurkan dua misil tambahan dalam jangka waktu yang berdekatan. Misil ketiga diluncurkan dari wilayah Provinsi Pyongan Utara pada Jumat (14/1) lalu.

Baca Juga: Cara Pemkot Bogor Batasi Mobilitas Wisatawan dan Warga Lokal

"Kami menyadari adanya peluncuran misil balistik dan kami terus melakukan konsultasi dengan rekan-rekan serta sekutu," tulis pernyataan lengkap Angkatan Bersenjata Amerika Serikat di kawasan Asia-Pasifik.

"Meski tidak membahayakan anggota Angkatan Bersenjata maupun wilayah Amerika Serikat beserta wilayah maupun penduduk negara sekutu kami, peluncuran misil ini menunjukkan potensi bahaya dari program misil Korea Utara."

Baca Juga: Tanpa Neymar dan Renan Lodi, Berikut Daftar Pemain Timnas Brasil

Amerika Serikat bukanlah satu-satunya negara yang memberi reaksi atas peluncuran misil Korea Utara. Pemerintah Inggris juga langsung mengutuk aksi tersebut.

Melalui pernyataan Departemen Luar Negeri, Inggris meminta Korea Utara  menghentikan program pengembangan senjata serta misil jarak jauh.

Negeri Ratu Elizabeth juga meminta Korea Utara  kembali berdiplomasi dengan Amerika Serikat.

Baca Juga: Setelah Laporkan dua Putra Jokowi ke KPK, Kini Giliran Ubedilah Badrun Dilaporkan Balik ke Polda Metro Jaya

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: Reuters, Chosun

Tags

Terkini

55 WNI Korban TPPO Berhasil Diselamatkan

Senin, 1 Agustus 2022 | 05:53 WIB
X