• Minggu, 27 November 2022

Inilah Riwayat Hidup Ratu Elizabeth II sebagai Penguasa Kerajaan Inggris Terlama

- Jumat, 9 September 2022 | 06:49 WIB
Ratu Elizabet II meninggal dunia
Ratu Elizabet II meninggal dunia

SABAKOTA.ID JAKARTA - Dunia dikejutkan dengan berita meninggalnya pemimpin kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II, pada Jumat dini hari (9/9/2022) di kediamannya di Istana Balmoral Skotlandia.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun. Ratu Elizabeth II adalah ratu monarki konstitusional Inggris terlama.  Elizabeth juga menjadi Ratu dari 16 negara berdaulat di Inggris dan ketua dari 54 anggota negara persemakmuran. Bahkan Elizabeth juga merupakan Gubernur Agung Gereja Inggris.

Kabar meniggalnya Ratu Elizabeth II tersebut disampaikan oleh pihak Istana Buckingham.

“Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral pada petang ini. Upacara bagi raja dan ratu akan diadakan di Balmoral malam ini dan akan dibawa ke London pada besok hari,” disampaikan dalam pernyataan Istana Buckingham.

Baca Juga: Gempa Bumi di Sichuan Tiongkok Tewaskan 66 Orang. WNI Dilaporkan Aman

Ratu Elizabeth memiliki nama asli Elizabeth Alexandra Mary. Ia lahir di London, 21 April 1926. Elizabeth merupakan putri sulung pangeran Albert, yang merupakan Raja George VI bersama istrinya, Lady Elizabeth Bowes Lyon. Ayahnya, George VI, naik takhta pada 11 Desember 1936 setelah pamannya, Edward VIII melepaskan takhtanya. 

Dia besar di istana dan mendapatkan pendidikan secara privat oleh pengasuhnya, Marion Crawford dan beberapa guru lain di bawah pengawasan ibunya.

Selama Perang Dunia II dia dan saudara perempuannya, Putri Margaret Rose, terpaksa berpisah dari orang tua mereka demi kemanan. Sebagian besar waktunya dihabiskan di Kastil Balmoral di Skotlandia dan di Royal Lodge, Windsor, dan Kastil Windsor.

Baca Juga: Liz Truss, Dulu Perankan PM Margaret Thatcher dalam Sandiwara, Kini Betulan Jadi PM Inggris

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Malam Halloween di Seoul Tewaskan 151 Orang

Minggu, 30 Oktober 2022 | 18:55 WIB

Bill Gates Dukung Transformasi Kesehatan di Indonesia

Minggu, 25 September 2022 | 07:03 WIB
X