• Minggu, 27 November 2022

Putra Mahkota Inggris Naik Tahta dengan Nama Raja Charles III

- Sabtu, 10 September 2022 | 08:22 WIB
Ratu Elizabeth II dan Putra Mahkota Pangeran Charles
Ratu Elizabeth II dan Putra Mahkota Pangeran Charles

SABAKOTA.ID JAKARTA - Sepeninggal Ratu Elizabeth II maka putra mahkota kerajaan yaitu Pangeran Charles akan menempati tahta kerajaan Inggris sebagai Pemimpin baru Kerajaan Inggris. Pangeran Charles menjadi Raja Inggris dan nama Raja Charles III

Dalam pidatonya pertamanya sebagai kepala negara Inggris pada hari Jumat (9/9/2022), dia memberikan penghormatan kepada mendiang ibunya, Ratu Elizabeth II, dengan memanggilnya “Mama tersayang”.

Charles, yang kini berusia 73 tahun dan merupakan raja tertua ketika naik takhta. Charles mengatakan bahwa dirinya akan mengabdi dengan “setia, penuh hormat dan cinta” seperti yang dilakukan ibunya selama lebih dari tujuh dekade hingga akhirnya wafat pada usia 96 tahun pada hari Kamis (8/9/2022).

“Janji pengabdian seumur hidup itu saya perbarui kepada Anda semua hari ini,” kata Charles dalam pidatonya di televisi, yang disampaikan dari Istana Buckingham kepada bangsa yang terngah berduka.

Baca Juga: AS Kirim Bantuan Keamanan Baru untuk Ukraina dan 18 Negara Eropa Lainnya

Vagi dirinya kematian Ratu Elizabeth II membawa “rasa kehilangan tak terkira” dan kemudian memberikan penghormatannya kepada sang ibu.

“Seiring engkau memulai perjalanan besar terakhirmu untuk bergabung kembali dengan Papa tersayang, saya hanya ingin mengatakan ini: terima kasih. Terima kasih atas rasa cinta dan pengabdianmu kepada keluarga kita dan kepada keluarga bangsa-bangsa yang telah engkau layani dengan tekun selama ini. Semoga ‘senandung malaikat-malaikat yang terbang menemanimu ke tempat peristirahatan,’” ungkap Charles.

Sang raja baru mengaku akan mengikuti contoh yang diberikan ibunya.

“Seperti yang dilakukan Ratu sendiri dengan pengabdian yang teguh, sekarang saya juga dengan sungguh-sungguh berjanji pada diri saya sendiri, sepanjang waktu yang Tuhan berikan kepada saya, untuk menegakkan prinsip-prinsip konstitusional di jantung bangsa kita,” janjinya.

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: VOA Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Malam Halloween di Seoul Tewaskan 151 Orang

Minggu, 30 Oktober 2022 | 18:55 WIB

Bill Gates Dukung Transformasi Kesehatan di Indonesia

Minggu, 25 September 2022 | 07:03 WIB
X