• Minggu, 27 November 2022

Sekjen PBB Antonio Guterres Serukan Bantuan untuk Pakistan Pasca Kebanjiran Hebat

- Minggu, 11 September 2022 | 07:54 WIB
Sekjen PBB Antonio Guterres
Sekjen PBB Antonio Guterres

SABAKOTA.ID JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyerukan ke masyarakat internasional untuk bertindak cepat guna membantu menangani banjir di Pakistan yang disebabkan oleh hujan lebat.

Seruan itu disampaikan Guterres saat dirinya melakukan kunjungan selama dua hari ke Pakistan, Jumat (9/9/2022).

Guterres terbang ke Distrik Sukkur di Provinsi Sindh, di mana ia diberi pengarahan tentang kerusakan dan upaya pertolongan dan penyelamatan oleh Ketua Menteri Syed Murad Ali Shah, menurut laporan televisi pemerintah Pakistan.

Baca Juga: Raja Charles III Berjanji akan Mengikuti Teladan Mendiang Ratu Elizabeth II

Kemudian, dia terbang ke Osta Mohammad, kota lain yang dilanda banjir di Provinsi Balochistan, bersama Perdana Menteri Shehbaz Sharif dan Menteri Luar Negeri Bilawal Bhutto Zardari, untuk bertemu dengan para korban banjir.

"Ini bukan soal kedermawanan, tetapi soal keadilan," kata pejabat tinggi PBB itu dalam siaran langsungnya, Sabtu (10/9/2022).

Perjalanannya dilakukan kurang dari dua pekan setelah Guterres meminta dana darurat $160 juta untuk membantu mereka yang terkena dampak hujan monsun dan banjir. Banjir di Pakistan telah menyebabkan kerusakan bernilai setidaknya $10 miliar dan 1.391 kematian.

“Saya berada di Pakistan untuk mengungkapkan solidaritas saya yang mendalam dengan rakyat Pakistan setelah banjir yang menghancurkan di sini. Saya memohon dukungan besar-besaran dari komunitas internasional saat Pakistan menanggapi bencana iklim ini,” katanya di Twitter sebelum fajar.

Baca Juga: AS Kirim Bantuan Keamanan Baru untuk Ukraina dan 18 Negara Eropa Lainnya

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

Tragedi Malam Halloween di Seoul Tewaskan 151 Orang

Minggu, 30 Oktober 2022 | 18:55 WIB

Bill Gates Dukung Transformasi Kesehatan di Indonesia

Minggu, 25 September 2022 | 07:03 WIB
X