• Minggu, 27 November 2022

AS Peringatkan Rusia Soal Konsekuensi Mengerikan Jika Luncurkan Serangan Nuklir di Ukraina

- Selasa, 27 September 2022 | 13:02 WIB
Menlu AS Antony Blinken
Menlu AS Antony Blinken

SABAKOTA.ID JAKARTA - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan AS telah menjelaskan secara terbuka dan pribadi kepada Rusia agar “menghentikan pernyataan ceroboh mengenai senjata nuklir” dalam konflik Ukraina. Hal tersebut diungkapkan menyusul pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa ia akan menggunakan cara apapun untuk membela Rusia.

“Sangat penting bagi Moskow untuk mendengar dari kami dan tahu dari kami bahwa konsekuensinya akan mengerikan, dan kami telah menyatakannya dengan sangat jelas,” kata Blinken dalam wawancara di acara 60 Minutes di CBS News yang ditayangkan pada Minggu (25/9/2022) malam.

Blinken mengatakan penggunaan senjata nuklir “tentu saja akan memiliki efek bencana yang sangat besar bagi negara yang menggunakannya maupun bagi negara-negara lainnya.”

Baca Juga: Bill Gates Dukung Transformasi Kesehatan di Indonesia

Tanggapan AS itu dikemukakan setelah Putin mengisyaratkan kemungkinan serangan nuklir pekan lalu, sewaktu ia memanggil 300 ribu tentara cadangan untuk membantu perang Rusia dalam invasinya yang telah berlangsung tujuh bulan di Ukraina.

Penambahan pasukan ini terjadi setelah kemunduran yang dialami Rusia di medan tempur, di mana pasukan Kyiv merebut kembali daerah-daerah yang luas di Ukraina Timur Laut yang direbut Rusia pada pekan-pekan awal perangnya.

Sementara itu kementerian pertahanan Inggris pada Senin (26/9/2022) mengatakan bahwa tentara cadangan pertama sudah mulai berdatangan di pangkalan-pangkalan militer, tetapi Rusia menghadapi tantangan administratif dan logistik dalam melatih tentara tersebut.

“Banyak di antara tentara yang direkrut tidak memiliki pengalaman militer selama bertahun-tahun,” kata kementerian itu.

Baca Juga: Indonesia dan Sudan Selatan Resmi Miliki Hubungan Diplomatik

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: VOA Indonesia

Tags

Terkini

Tragedi Malam Halloween di Seoul Tewaskan 151 Orang

Minggu, 30 Oktober 2022 | 18:55 WIB

Bill Gates Dukung Transformasi Kesehatan di Indonesia

Minggu, 25 September 2022 | 07:03 WIB
X