• Selasa, 31 Januari 2023

PM Inggris Liz Truss Mundur karena Gagal Di Kebijakan Ekonomi. Hanya 6 Pekan Berkuasa

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 06:42 WIB
Perdana Menteri Inggris Liz Truss
Perdana Menteri Inggris Liz Truss

SABAKOTA.ID JAKARTA - Perdana Menteri Inggris Liz Truss menyatakan mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri Inggris pada Kamis (20/10/2022). Oleh sebab itu, Truss menjadi perdana menteri paling singkat di Inggris, yaitu hanya hanya enam pekan setelah ia diangkat.

Mundurnya Liz Truss dari kursi perdana menteri menyebabkan dia menjadi Perdana Menteri Inggris tersingkat kedua dalam sejarah pemerintahan Inggris setelah George Canning yang menjabat selama 119 hari karena meninggal dunia pada tahun 1827.

Mundurnya Liz truss itu diakibatkan oleh program ekonomi yang menimbulkan gelombang kejutan di pasar keuangan bulan lalu dan memecah belah Partai Konservatif pimpinannya.

Baca Juga: Australia Batalkan Pengakuan Yerusalam Barat sebagai Ibu Kota Israel

Saat berbicara di luar pintu kantor dan kediaman resminyanya di Downing Street Nomor 10, Truss mengakui bahwa ia tidak dapat memenuhi janji yang ia buat sewaktu mencalonkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif, karena telah kehilangan kepercayaan dari partainya.

Pemilihan pemimpin akan diselesaikan dalam pekan depan untuk menggantikan Truss, yang menjabat perdana menteri dengan masa terpendek dalam sejarah Inggris. George Canning sebelumnya memegang rekor tersebut, dengan menjabat selama 119 hari ketika ia meninggal pada tahun 1827.

“Saya mengakui, mengingat situasinya, saya tidak dapat memenuhi mandat yang membuat saya dipilih oleh Partai Konservatif. Karena itu saya telah berbicara dengan Yang Mulia Raja untuk memberitahunya bahwa saya mengundurkan diri sebagai ketua Partai Konservatif,” katanya.

Baca Juga: Sekjen NATO Peringatkan Putin Agar Tak Sembrono dengan Senjata Nuklir

Sebelumnya, para petinggi Partai Konservatif telah berkumpul di Downing Street sementara semakin banyak anggota parlemen dari partai itu yang memintanya untuk mengundurkan diri.

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: VOA Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hotel dan Kasino Terbakar, 10 Orang Tewas Terpanggang

Jumat, 30 Desember 2022 | 06:37 WIB

Badai Salju Serang Amerika, 50 Orang Dilaporkan Tewas

Rabu, 28 Desember 2022 | 05:41 WIB

Diguyur Hujan Lebat, Makkah Banjir Bandang

Selasa, 27 Desember 2022 | 07:31 WIB

Kecelakaan Pesawat di Laut Yunani, Seorang WNI Tewas

Sabtu, 17 Desember 2022 | 17:14 WIB
X