• Selasa, 31 Januari 2023

Kanselir Jerman Kunjungi China, Bukti Sikap Eropa Makin Goyah?

- Jumat, 4 November 2022 | 08:21 WIB
Kanselir Jerman Olaf Scholz  (Bonsernews.com/voaindonesia.com/AP)
Kanselir Jerman Olaf Scholz (Bonsernews.com/voaindonesia.com/AP)

SABAKOTA.ID JAKARTA - Rencana kunjungan Kanselir Jerman Olaf Scholz ke China menemui Presiden China Xi Jinping, Jumat (4/11/2022), telah menimbulkan beragam kontroversi dan juga spekulasi.

Di dalam negeri Jerman itu sendiri muncul banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh para anggota parlemen Jerman dan juga Parlemen Eropa, kemarin Kamis (3/11/2022).

Baca Juga: Tragedi Malam Halloween di Seoul Tewaskan 151 Orang

Reinhard Butikofer dari Partai Hijau, yang merupakan bagian dari koalisi pemerintahan, mengatakan bahwa perjalanan satu hari Scholz adalah bisa jadi merupakan kunjungan paling kontroversial yang diperdebatkan di negara itu selama 50 tahun terakhir.

Diketahui Butikofer merupakan bagian dari sekelompok anggota parlemen Eropa yang mengunjungi Taiwan, berbicara pada konferensi pers bersama dari kamar hotelnya, di mana ia dikarantinakan setelah dinyatakan positif COVID-19.

Baca Juga: KedubesI RI di Seoul Pastikan Tidak Ada WNI yang Jadi Korban Tragedi Perayaan Halloween

Atas langkah politik yang diambil oleh Kanselir Scholz, maka dia akan menjadi pemimpin Eropa pertama yang mengunjungi China sejak invasi Rusia ke Ukraina, yang ditentang keras oleh Jerman.

Sementara itu, Beijing telah memberikan dukungan diplomatik kepada Moskow; menuduh AS dan NATO memprovokasi serangan itu; dan dengan pedas mengkritik sanksi-sanksi ekonomi yang dijatuhkan pada Rusia.

Baca Juga: Inilah Sosok Calon Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak. Kekayaannya Melebihi Ratu Elizabeth

Kunjungan Scholz ke Beijing juga berlangsung ketika investasi China di terminal peti kemas di pelabuhan Hamburg telah menimbulkan kekhawatiran di Washington dan di beberapa negara lain bahwa China mendapatkan pegangan besar pada infrastruktur utama di negara sekutu mereka.

China adalah mitra dagang terbesar Jerman pada tahun 2021 untuk tahun keenam berturut-turut, sumber impor tunggal terbesarnya, dan tujuan ekspor nomor 2 setelah Amerika Serikat.

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: AFP

Tags

Terkini

Hotel dan Kasino Terbakar, 10 Orang Tewas Terpanggang

Jumat, 30 Desember 2022 | 06:37 WIB

Badai Salju Serang Amerika, 50 Orang Dilaporkan Tewas

Rabu, 28 Desember 2022 | 05:41 WIB

Diguyur Hujan Lebat, Makkah Banjir Bandang

Selasa, 27 Desember 2022 | 07:31 WIB

Kecelakaan Pesawat di Laut Yunani, Seorang WNI Tewas

Sabtu, 17 Desember 2022 | 17:14 WIB
X