• Sabtu, 20 Agustus 2022

Sembilan Partai Politik Pendaftar Pemilu 2024, Tiga Parpol Belum Lengkap Berkasnya

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 07:02 WIB
Ketua KPU RI Hasyim Ashari bersama Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali saat menerima pendaftaran Partai NasDem sebagai calon peserta Pemilu 2022 di Gedung KPU, Senin 1 Agustus 2022. (kpu ri)
Ketua KPU RI Hasyim Ashari bersama Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali saat menerima pendaftaran Partai NasDem sebagai calon peserta Pemilu 2022 di Gedung KPU, Senin 1 Agustus 2022. (kpu ri)

SABAKOTA.ID JAKARTA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka jadwal pendaftaran partai politik yang ingin mengikuti pemilu 2024 mulai Senin, 1 Agustus 2022.

Sebanyak sembilan partai politik (parpol) Senin kemarin sudah melakukan pendaftaran ke KPU. PDIP menjadi partai pertama yang mendaftar pada hari pertama pembukaan pendaftaran.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari mengungkapkan, bahwa pihaknya akan segera melakukan pengecekan terhadap dokumen persyaratan yang diserahkan kesembilan parpol tersebut, yakni PDI Perjuangan (PDIP), PKS, Partai Nasdem, PKP, PBB, Perindo, Prima, Partai Reformasi dan Pandai.

Baca Juga: Sembilan Parpol Akan Mendaftar ke KPU RI Hari Ini Sebagai Calon Peserta Pemilu

Berdasarkan pengecekan di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), enam parpol yang mendaftar dinyatakan sudah melengkapi berkas yang diajukan sedangkan tiga lainnya masih dalam pemeriksaan.

Keenam parpol yang sudah dinyatakan lengkap adalah PDIP,PKS, PKP, Partai NasDem,Perindo dan PBB.

 Sedangkan tiga parpol yang masih dalam pemeriksaan adalah Partai Reformasi, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) dan Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai).

“Khusus tahapan pendaftaran parpol, kategori yang kami gunakan adalah lengkap atau tidak lengkapnya dokumen. Jadi, belum sampai pada substantif benar atau sah. Belum sampai ke situ,” ungkapnya kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2022).

Baca Juga: Telusuri Kasus Penimbunan Beras Bansos di Depok, Polisi Dalami Dugaan Adanya Kasus Pidana

Hasyim menyebutkan, ada dua kemungkinan terkait kelengkapan dokumen yang diserahkan ke KPU. Pertama, dokumen persyaratan dinyatakan lengkap. Jika dokumen persyaratan dinyatakan lengkap ,maka KPU akan menerbitkan berita acara yang menyatakan bahwa dokumen persyaratan lengkap dan dinyatakan partai tersebut resmi terdaftar.

Halaman:

Editor: Agus Hidayat

Sumber: RRI.co.id

Tags

Terkini

Nasib Putri Chandrawati Ditentukan Besok Jumat

Kamis, 18 Agustus 2022 | 17:22 WIB
X