• Sabtu, 20 Agustus 2022

Kapolri : 25 Anggota Polri Diperiksa Irsus karena Hambat Pemeriksaan. Terancam Dimutasi Bahkan Pidana

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 08:00 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

SABAKOTA.ID JAKARTA - Berlarut-larutnya penanganan kasus terbunuhnya Brigadir J menunjukkan tingkat profesionalitasnya belum beranjak membaik.  Hambatan psikologis ketika menangani kausus diantara mereka adalah salah satu bukti lemahnya profesionalitas itu.

Hal inilah yang mendorong Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk kembali menegaskan komitmennya untuk transparan dalam penanganan kasus pembunuhan Brigadir J.

Kapolri nampaknya cukup terganggu dengan proses penangan perkara yang tidak sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

"Sesuai dengan arahan Bapak Presiden beberapa waktu lalu bahwa beliau memerintahkan pada kami untuk membuka secara transparan, jujur sehingga proses penyidikan ini betul-betul bisa dipahami dan masyarakat tentunya menginginkan bahwa proses penyidikan yang kita lakukan juga betul-betul transparan," kata Kapolri.

Baca Juga: Harga BBM Non Subsidi Resmi Naik Per 3 Agustus 2022, Berikut Daftar Harganya 

Kapolri telah melakukan langkah konkrit dengan melakukan pemeriksaan secara etik terhadap 25 personel kepolisian yang diduga menghambat pengusutan perkara itu.

"Di mana 25 personel ini kita periksa terkait dengan ketidakprofesionalan dalam penanganan TKP dan juga beberapa hal yang kita anggap bahwa itu membuat proses olah TKP dan juga hambatan-hambatan dalam hal penanganan TKP dan penyidikan yang tentunya kita ingin semuanya bisa berjalan dengan baik," ucap Sigit dalam jumpa pers di kantornya, Kamis (4/8/2022).

Tidak tangung-tanggung, Kapolri akan melakukan mutasi terhadap ke-25 personel itu. Bahkan Sigit juga membuka kemungkinan mengusut pidana bagi ke-25 personel itu.

"Kita telah memeriksa 3 personel pati, kombes 5 personel, AKBP 3 personel, kompol 2 personel, pama 7 personel, bintara dan tamtama 5 personel. Dari kesatuan Div Propam, Polres, dan juga ada beberapa personel dari Polda dan juga Bareskrim," jelas Listyo.

Baca Juga: Kepolisian Diminta Tegas terhadap Kasus Pembakaran Rumah dan Kendaraan di Mulyorejo Jember

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: Jumpa Pers

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nasib Putri Chandrawati Ditentukan Besok Jumat

Kamis, 18 Agustus 2022 | 17:22 WIB
X