• Sabtu, 20 Agustus 2022

Roy Suryo Akhirnya Ditahan Polda Metro Jaya, Terancam Hukuman 6 Tahun Penjara

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:11 WIB
Tersangka kasus penistaan agama Roy Suryo akhirnya ditahan oleh Polda Mertro Jaya mulai Jum'at 5 Agustus 2022 setelah menjalani pemeriksaan mulai siang. Mantan Menpora itu akan menjalani penahanan selama 20 hari kedepan. (PRMN)
Tersangka kasus penistaan agama Roy Suryo akhirnya ditahan oleh Polda Mertro Jaya mulai Jum'at 5 Agustus 2022 setelah menjalani pemeriksaan mulai siang. Mantan Menpora itu akan menjalani penahanan selama 20 hari kedepan. (PRMN)

SABAKOTA.ID JAKARTA- Tersangka kasus penistaan agama dan ujaran kebencian Roy Suryo akhirnya ditahan oleh Polda Metro Jaya usai diperiksa mulai pukul 13.00 WIB, Jum’at 5 Agustus 2022. Mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga era Presiden SBY ini akan menjalani masa tahanan selama 20 hari kedepan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan dalam konferensi pers Jum’at malam , sebelum menjalani pemeriksaan, Roy Suryo sudah diperiksa kesehatannya oleh tim dokter Kesehatan Polda Metro Jaya dan dinyatakan dirinya sehat.

“Setelah dilakukan pemeriksaan dari tadi siang maka penyidik memutuskan mulai malam ini terhadap Roy Suryo, laki-laki usia 52 tahun sebagai tersangka kasus ujaran kebencian. Dan mulai malam ini dilakukan penahanan," Kabid Humas Polda Metro Jaya Endra Zulpan, Jumat (5/8).

Baca Juga: Mengenal Yanma Polri, Tempat Baru Irjen Ferdy Sambo Usai Dicopot Sebagai Kadiv Propam

Tindakan penahanan terhadap Roy Suryo tersebut dilakukan karena dikhawatirkan yang bersangkutan akan menghilangkan barang bukti.

Polisi juga menyita barang bukti berupa akun twitter Roy Suryo yang digunakan untuk mengunggah dan menjadi persoalan pidana, HP Roy Suryo dan HP dari saksi Ade Kushendrawan.

Pasal yang dikenakan kepada Roy Suryo adalah Pasal 28 ayat 2 juncto pasal 45 ayat 2 UURI no 19 tahun 2016 tentang ITE dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun dan dena Rp. 1 miliar.

Sebelumnya Roy Suryo sudah menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya namun tidak ditahan karena pertimbangan dari penyidik, termasuk masalah kesehatan. Namun ternyata hari Minggu, 31 Juli 2022, Roy Suryo terlihat yang masih menggunakan penopang leher ikut sebuah acara ulang tahun mantan pejabat kepolisian dan komunitas mobil.

Baca Juga: Kapolri : 25 Anggota Polri Diperiksa Irsus karena Hambat Pemeriksaan. Terancam Dimutasi Bahkan Pidana

Dalam video yang beredar luas tersbut terlihat Roy Suryo tertawa lepas dan tidak terlihat jika dirinya sedang menderita sakit, meski kemudian Roy Suryo memberikan klarifikasi bahwa kehadiran dirinya dalam acara itu tidak sendiri namun membawa sopir dan ajudan. **

Halaman:

Editor: Agus Hidayat

Sumber: konferensi pers Polda Metro jaya

Tags

Terkini

Nasib Putri Chandrawati Ditentukan Besok Jumat

Kamis, 18 Agustus 2022 | 17:22 WIB
X