• Sabtu, 20 Agustus 2022

Tiga Fakta Menarik Usai Roy Suryo Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Penistaan Agama

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 08:15 WIB
Roy Suryo akhirnya dijebloskan ke tahanan Polda Metro Jaya usai diperiksa sebagai tersangka kasus penistaan agama, Jum'at 5 Agustus 2022. (PRMN)
Roy Suryo akhirnya dijebloskan ke tahanan Polda Metro Jaya usai diperiksa sebagai tersangka kasus penistaan agama, Jum'at 5 Agustus 2022. (PRMN)

SABAKOTA.ID JAKARTA- Roy Suryo tersangka kasus penistaan agama akhirnya dijebloskan ke tahanan Polda Metro Jaya setelah menjalani pemeriksaan pada Jum’at 5 Agustus 2022.

Sebelumnya meski berstatus tersangka, Roy Suryo yang dilaporkan karena kasus penistaan agama dengan memposting meme patung di stupa candi Borobudur dengan wajah Presiden Jokowi belum ditahan karena penyidik memiliki beberapa pertimbangan.

Mantan Menpora era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini terancam hukuman penjara maksimal 6 tahun akibat perbuatannya. Dia diancam dengan pasal 28 Ayat (2) Jo Pasal 45 Ayat (2) UU Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE. Kemudian juga Pasal 156 a KUHP dan Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana.

Dia akan menjalani masa tahanan selama 20 hari kedepan sejak Jum’at 5 Agustus 2022.

Baca Juga: Roy Suryo Akhirnya Ditahan Polda Metro Jaya, Terancam Hukuman 6 Tahun Penjara

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Enra Zulpan dalam keternangan pers semalam mengatakan penahanan Roy Suryo dilakukan karena penyidik khawatir dia akan menghilangkan barang bukti.

“Setelah dilakukan pemeriksaan dari tadi siang maka penyidik memutuskan mulai malam ini terhadap Roy Suryo, laki-laki usia 52 tahun sebagai tersangka kasus ujaran kebencian. Dan mulai malam ini dilakukan penahanan," Kabid Humas Polda Metro Jaya Endra Zulpan, Jumat (5/8).

Namun yang menjadi perhatian ada fakta fakta menarik sejak Roy Suryo ditetapkan sebagai tersangka. Berikut tiga diantara fakta menarik tersebut.

Dipapah Usai Pemeriksaan

Usai menjalani pemeriksaan marathon sejak pagi hari, pada 22 Juli 2022, Roy Suryo keluar dari ruang pemeriksaan sekitar pukul 22.00 WIB. Dia terlihat lemas dan harus menggunakan kursi roda. Bahkan saat akan masuk ke dalam mobilnya, dia harus dipapah oleh penasehat hukumnya karena badannya yang terlihat lemas.

Dalam pemeriksaan tersebut Roy Suryo belum ditahan dan diijinkan untuk kembali ke rumahnya.

Halaman:

Editor: Agus Hidayat

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

Nasib Putri Chandrawati Ditentukan Besok Jumat

Kamis, 18 Agustus 2022 | 17:22 WIB
X