• Selasa, 27 September 2022

Naskah Proklamasi dan Bendera Pusaka Dihadirkan dalam Upacara Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 05:55 WIB
Kepala BIro Administrasi, Setpres, Sony Kartiko meletakkan Naskah Asli Teks Proklamasi di ruang penyimpanan, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (16/08/2022)
Kepala BIro Administrasi, Setpres, Sony Kartiko meletakkan Naskah Asli Teks Proklamasi di ruang penyimpanan, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (16/08/2022)

SABAKOTA.ID JAKARTA - Naskah proklamasi yang ditulis tangan oleh Ir. Soekarno akan kembali hadir dan disandingkan dengan bendera pusaka yang dijahit oleh Ibu Fatmawati Soekarno, dalam Upacara Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, pada 17 Agustus 2022 hari ini.

“Ini adalah tahun ketiga Sekretariat Presiden (Setpres) bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dengan tujuan untuk menghadirkan dan menyandingkan naskah proklamasi tersebut dengan bendera pusaka di Istana Merdeka pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia Tahun 2022,” ujar Kepala Biro Administrasi,  Setpres, Sony Kartiko.

Baca Juga: Diduga Rem Blong, Truk Bermuatan Biji Plastik Terguling di Jalur Tengkorak Wonosobo. 1 Orang Meninggal Dunia

Pernyataan Sony itu disampaikan usai melakukan serah terima naskah asli teks proklamasi, Selasa (16/08/2022), di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Sony menjelaskan bahwa tim dari ANRI telah melakukan penilaian terhadap kondisi ruang penyimpanan naskah di Istana Merdeka, mulai dari suhu ruangan hingga tingkat kelembapan.

Hal itu penting dilakukan mengingat naskah asli teks proklamasi tersebut merupakan bukti sejarah perjuangan bangsa yang memiliki nilai yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia.

Baca Juga: LPSK Tegas Tolak Permohonan Perlindungan Putri Chandrawati karena Banyak Kejanggalan

“Alhamdulillah ruangan di Istana Merdeka telah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara naskah proklamasi tersebut,” ucap Sony.

Selain itu, Setpres juga telah mengikuti proses penilaian risiko yang dilakukan oleh ANRI secara berkala setiap tahunnya sebagai upaya dari ANRI untuk menjaga memori kolektif bangsa.

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: Setpres RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puan dan Cak Imin Mengaku Saudara dan Akan Saling Dukung

Senin, 26 September 2022 | 09:34 WIB

Belum Penuhi Panggilan KPK, Lukas Enembe Beralasan Sakit

Minggu, 25 September 2022 | 06:01 WIB

KPK Sedih Masih Terjadi Jualbeli Hukum di Mahkamah Agung

Jumat, 23 September 2022 | 06:28 WIB
X