• Selasa, 27 September 2022

KPK Lakukan OTT di MA dan Jerat Hakim Agung Sudrajad Dimyati terkait Perkara KSP Inti Dana

- Jumat, 23 September 2022 | 06:08 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri menunjukkan barang bukti OTT di MA
Ketua KPK Firli Bahuri menunjukkan barang bukti OTT di MA

SABAKOTA.ID JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang senilai Rp 2,6 miliar terkait operasi tangkap tangan atau OTT kasus suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA) yang menyeret nama Hakim Agung, Sudrajad Dimyati.

Hakim Agung terseret kasus yang melibatkan pihak yang berperkara yaitu Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Inti Dana.  Pihak KSP Inti Dana yang telah mendapatkan putusan Pengadilan Tinggi Jawa Tengah di semarang, namun tidak puas sehingga berupaya mengajukan kasasi ke MA.

Berharap ingin dimenangkan, pihak KSP Inti Dana melakukan penyuapan terhadap Hakim  Agung Sudrajat Dimyati. 

"Adapun jumlah uang yang berhasil diamankan sebesar SGD 205.000 (Rp 2.648.520.000) dan Rp 50 juta," kata Ketua KPK Firli Bahuri, di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (23/9/2022) dini hari.

Baca Juga: Kejaksaan Agung Periksa 4 Saksi Terkait Kasus PT Krakatau Steel

Firli mengungkapakan uang SGD 250.000 itu diamankan dari PNS pada Kepaniteraan Mahkamah Agung bernama Desy Yustria yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Sedangkan uang Rp 50 juta diketahui diserahkan oleh tersangka Albasri yang merupakan seorang PNS Mahkamah Agung di gedung Merah Putih KPK.

Diketahui, KPK menetapkan Hakim Agung, Sudrajad Dimyati, sebagai tersangka kasus suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA). Selain Sudrajad, sembilan orang lainnya juga ikut dijadikan sebagai tersangka.

"Berdasarkan hasil keterangan saksi dan bukti-bukti yang cukup maka penyidik menetapkan sebanyak 10 orang sebagai tersangka," kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (23/9/2022).

Baca Juga: KPK Masih Tunggu Niat Baik Gubernur Papua Lukas Enembe untuk Serahkan Diri

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: YouTube KPK RI

Tags

Terkini

Puan dan Cak Imin Mengaku Saudara dan Akan Saling Dukung

Senin, 26 September 2022 | 09:34 WIB

Belum Penuhi Panggilan KPK, Lukas Enembe Beralasan Sakit

Minggu, 25 September 2022 | 06:01 WIB

KPK Sedih Masih Terjadi Jualbeli Hukum di Mahkamah Agung

Jumat, 23 September 2022 | 06:28 WIB
X