• Minggu, 27 November 2022

Belum Penuhi Panggilan KPK, Lukas Enembe Beralasan Sakit

- Minggu, 25 September 2022 | 06:01 WIB
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

SABAKOTA.ID JAKARTA - Publik terus menyoroti tindakan Komisi pemberantasan korupsi (KPK) terhadap tersangka korupsi dan gratifikasi Gubernur Papua Lukas Enembe.

Seperti diketahui, bahwa tersangka korupsi Lukas Enembe hingga kini belum memenuhi panggilan KPK untuk hadir di Gedung Merah Putih Jakarta.

Pihak tersangka melalui kuasa hukumnya menyatakan bahwa Lukas Enembe sedang sakit dan bahkan meminta ijin berobat ke Singapura, padahal yang bersangkutan sudah dicekal oleh keimigrasian.

Baca Juga: KPK Lakukan OTT di MA dan Jerat Hakim Agung Sudrajad Dimyati terkait Perkara KSP Inti Dana

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara KPK Ali Fikri menegaskan, ketidakhadiran tersangka Gubernur Papua Lukas Enembe dengan alasan sakit, harus disertai dokumen resmi dari tenaga medis.

"Alasan ketidakhadiran tersangka karena kesehatan tentu juga harus disertai dokumen resmi dari tenaga medis supaya kami dapat analisis lebih lanjut," kata Ali Fikri seperti dikutip Antara di Jakarta, Sabtu (24/9/2022).

Ia mengemukakan, KPK juga telah memiliki tenaga medis khusus dalam melakukan pemeriksaan terhadap saksi atau tersangka yang dipanggil KPK.

Baca Juga: Hasnaeni Si Wanita Emas Itu Histeris Saat Dijemput Paksa Kejaksaan Agung

Bahkan, menurut Ali, KPK sebelumnya juga beberapa kali memberikan kesempatan dan penyediaan fasilitas kesehatan bagi saksi maupun tersangka pada perkara-perkara lainnya.

"Sekali lagi, karena KPK memahami bahwa kesehatan merupakan hak dasar setiap manusia," ujarnya.

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baintelkam Mabes Polri Kebakaran, Tak Ada Korban

Jumat, 25 November 2022 | 06:50 WIB

Mahfud MD Diusulkan Musra sebagai Capres

Senin, 21 November 2022 | 08:09 WIB
X