• Selasa, 31 Januari 2023

Terdakwa Ferdy Sambo Dituntut Hukuman Pidana Seumur Hidup. Adilkah?

- Rabu, 18 Januari 2023 | 05:49 WIB
Terdakwa Ferdy Sambo dituntut hukuman pidana seumur hidup
Terdakwa Ferdy Sambo dituntut hukuman pidana seumur hidup

SABAKOTA.ID JAKARTA - Setelah proses panjang persidangan, akhirnya terdakwa Ferdy Sambo dituntut hukuman pidana seumur hidup oleh jaksa penuntut umum (JPU) dalam perkara pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat dan perkara perintangan penyidikan (obstruction of justice) dalam kasus tersebut.

Tuntutan jaksa tersebut disampiakan Selasa (17/1/2023) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.  Pada saat itu, terdakwa Ferdy Sambo hadir dengan mengenakan kemeja putih lengan panjang, duduk di kursi terdakwa.

Saat sidang dimulai, terdakwa Ferdy Sambo mengikuti pembacaan rangkaian tuntutan jaksa hingga akhirnya sampai pada tuntutan hukuman bagi Ferdy Sambo.

Baca Juga: Empat Kakek Bejat Setubuhi Anak di Bawah Umur Hingga Hamil 12 Minggu

Jaksa menguraikan secara riingkas hal-hal yang telah dibuktikan di persidangan hingga pertimbangan-pertimbangan jaksa saat menentukan tuntutan hukuman bagi Ferdy Sambo, seperti hal memberatkan dan meringankan.

Dalam perkara tersebut, Ferdy Sambo dijerat dengan Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP juncto Pasal 56 ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Selain itu, Sambo juga terlibat dalam perkara perintangan penyidikan atau obstruction of justice dalam kasus pembunuhan Brigadir J dengan jeratan Pasal 49 juncto Pasal 33 subsider Pasal 48 Ayat (1) juncto Pasal 32 Ayat (1) UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 dan/atau Pasal 233 KUHP subsider Pasal 221 Ayat (1) ke 2 juncto Pasal 55 KUHP.

Baca Juga: Inilah Penampakan Ferry Irawan Setelah Berstatus Tahanan Polda Jawa Timur

Menurut jaksa dalam pertimbangannya tidak ada hal-hal yang meringankan tuntutan terhadap Ferdy Sambo dalam kasus tersebut.

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenapa Biaya Haji Naik? Ini Penjelasannya

Rabu, 25 Januari 2023 | 11:11 WIB
X