• Selasa, 31 Januari 2023

Pengertian Hukuman Pidana Seumur Hidup Seperti Apa? Berikut Penjelasannya

- Rabu, 18 Januari 2023 | 06:25 WIB
Ilustrasi orang di penjara
Ilustrasi orang di penjara

SABAKOTA.ID JAKARTA - TERDAKWA Ferdy Sambo dituntut oleh jaksa hukuman pidana seumur hidup.  Tuntutan jaksa ini dinilai sebagaian publik terlalu ringan untuk dua kassus pelanggaran yaitu pembunuhan Brigadir J dan obstruction of justice.

Oleh sebab itu, tuntutan jaksa itu pun menjadi polemik di masyarakat apakah tuntutan tersebut sudah memenuhi rasa keadilan masyarakat.  Pertanyaan itu dikaitkan dengan kedudukan Sambo sebagai aparat penegak hukum dan petinggi polri.

Di sisi lain, publik pun belum banyak yang memahami apa arti hukuman pidana seumur hidup itu sehingga seringkali timbul slah penafsiran. Terkait dengan hal itu maka ikutilah uraian berikut ini.

Baca Juga: Terdakwa Ferdy Sambo Dituntut Hukuman Pidana Seumur Hidup. Adilkah?

Pengertian pidana seumur hidup menurut bunyi Pasal 12 ayat (1) KUHP dapat disimpulkan bahwa pidana penjara seumur hidup artinya pidana penjara selama terpidana masih hidup hingga meninggal.

Ketentuan tersebut sekaligus menolak pendapat bahwa hukuman penjara seumur hidup adalah hukuman penjara yang dijalani selama usia terpidana pada saat vonis dijatuhkan.

Apabila maksud penjara seumur hidup artinya hukuman penjara yang dijalani adalah selama usia terpidana pada saat vonis dijatuhkan, maka yang demikian menjadi pidana penjara selama waktu tertentu.

Baca Juga: Empat Kakek Bejat Setubuhi Anak di Bawah Umur Hingga Hamil 12 Minggu

Terkait dengan tuntutan jaksa terhadap terdakwa Ferdy Sambo yakni pidana seumur hidup maka berarti terdakwa Ferdy Sambo kelak akan dipenjara selama hidupnya.  hukuman terhadap Ferdy Sambo menjadi selesai ketika Ferdy Sambo meninggal dunia.

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

Kenapa Biaya Haji Naik? Ini Penjelasannya

Rabu, 25 Januari 2023 | 11:11 WIB
X