• Selasa, 31 Januari 2023

Para Kades Minta Perpanjangan Masa Jabatan, Presiden Tunjukkan Sinyal Setuju

- Rabu, 18 Januari 2023 | 07:03 WIB
Para kepala desa dari berbagai daerah menggeruduk gedung DPR RI minta perpanjangan masa jabatan
Para kepala desa dari berbagai daerah menggeruduk gedung DPR RI minta perpanjangan masa jabatan

SABAKOTA.ID JAKARTA - Ratusan kepada desa (kades) dari berbagai daerah di Indonesia berunjuk rasa di depan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Para kades tersebut menuntut perpanjangan masa jabatan dari enam tahun menjadi sembilan tahun melalui revisi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo memberikan sinyal setuju atas usulan perubahan masa jabatan kepala desa yang diatur dalam Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014, guna mencegah terjadinya konflik sosial yang dapat mengganggu pembangunan desa.

Baca Juga: Terdakwa Ferdy Sambo Dituntut Hukuman Pidana Seumur Hidup. Adilkah?

Sinyak persetujuan itu terungkap saat politikus PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko menyampaikan keterangan pers usai bertemu Presiden Jokowi, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Disampaiakan Budiman bahwa dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, diatur bahwa masa jabatan kepala desa per periode adalah 6 tahun, dan dapat dipilih kembali dalam dua periode selanjutnya.

“Jadi enam tahun dikalikan tiga, (karena) bisa dipilih dua kali lagi. Sehingga total 18 tahun kesempatan seorang kepala desa begitu ya. Namun temuan-temuan di lapangan dirasakan bahwa itu boros dan menimbulkan banyak konflik sosial,” kata Budiman mengulangi apa yang disampaikannya kepada Presiden.

Baca Juga: Empat Kakek Bejat Setubuhi Anak di Bawah Umur Hingga Hamil 12 Minggu

Dia menjelaskan lingkup pemilihan kepala desa banyak bersinggungan dengan tetangga dan keluarga, sehingga manakala terjadi konflik dalam pemilihan, biasanya harus diselesaikan pada saat masa jabatan dan mengganggu kerja kepala desa.

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

Kenapa Biaya Haji Naik? Ini Penjelasannya

Rabu, 25 Januari 2023 | 11:11 WIB
X