• Selasa, 31 Januari 2023

Ridwan Kamil Gabung Partai Golkar Dirumorkan Untuk Naikkan Bargaining Jelang Pilpres

- Kamis, 19 Januari 2023 | 06:20 WIB
Ridwan Kamil resmi gabung ke Partai Golkar
Ridwan Kamil resmi gabung ke Partai Golkar
 
SABAKOTA.ID JAKARTA - Seperti halnya dalam dunia sepak bola, jelang kompetisi banyak terjadi transfer pemain; begitu pula dengan dunia politik.  Jelang Pemilu dan Pilpres 2024 mulai banyak transfer politisi dari satu partai ke partai lain atau dari non partai ke partai.
 
Salah satunya adalah bergabungnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke dalam jajaran Partai Golkar.  Awalnya, Ridwan Kamil melipir dulu bergabung dengan organisasi pendiri Partai Golkar yakni Kosgoro, lantas secara otomatis dia menjadi bagian dari Partai Golkar.
 
Setelah menjadi anggota partai yang selalu berjaya pada masa Orde Baru itu, Ridwan Kamil langsung mendapatkan posisi moncer di DPP Partai Golkar yakni sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih dan co-chair Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar.
 
 
Bergabungnya Ridwan Kamil itu kemarin diumumlan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada Rabu (18/1/2023), di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta.
 
Pada acara tersebut hadir pula Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, Wakil Ketua Umum Agus Gumiwang dan Nurul Arifin, dan Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily.
 
 
Ridwan Kamil nampak sumringah, banyak tersenyum, pada acara tersebut.  Pada kesempatan itu Ridwan kamil menyebutkan alasan dirinya bergabung dengan partai beringin.
 
"Partai Golkar itu sangat kuat sebagai simbol partai tengah, partai yang Pancasilais, partai terbuka, sehingga ini yang menjadi sebuah minat saya," ujarnya.
 
 
Selain itu, Ridwan Kamil juga mengatakan bahwa hubungan antara dirinya dengan Airlangga Hartarto cukup baik.
 
"Kami sering berdiskusi urusan ekonomi, dalam kapasitas beliau di kabinet, juga hal-hal personal, ya. Waktu saya kena musibah, beliau hadir lebih dari sekali, menyampaikan simpati. Bagi saya, itu kemanusiawian, kehumanisan Pak Airlangga. Itu sangat saya apresiasi," ujarnya.
 
 
Terkait dengan poisisinya di dalam jajaran Partai Golkar yakni sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan pemilih dan co-chair Badan Pemenangan Pemilu, Ridwan mengatakan sangat senang.
 
"Saya sebenarnya tidak meminta, terserah Pak Airlangga. Tapi Pak Airlangga berbaik hati menempatkan saya di posisi Wakil Ketua Umum di Bidang Penggalangan Pemilih dan co-chair Bappilu, Badan Pemenangan Pemilu," kata Ridwan Kamil.
 
 
Bergabungnya Ridwan Kamil ke Partai Golkar juga dirumorkan sebagai cara Kamil untuk mendapatkan jalan menuju Pilpres 2024.
 
Seperti diketahui bahwa dalam beberapa hasil survei yang dilakukan oleh berbagai lembaga survei nasional, nama Ridwan Kamil banyak muncul sebagai orang yang layak maju sebagai calon wakil presiden (cawapres).
 
Ridwan Kamil memiliki elektabilitas sebagai cawapres antar 5-7%.  Dengan bergabungnya ke Partai Golkar dimungkinkan Ridwan Kamil akan bisa memiliki daya tawar yang lebih tinggi lagi**

 

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

Kenapa Biaya Haji Naik? Ini Penjelasannya

Rabu, 25 Januari 2023 | 11:11 WIB
X