• Selasa, 31 Januari 2023

Berapa Biaya Penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar? Angkanya Bikin Kaget

- Minggu, 20 November 2022 | 06:44 WIB
Piala Dunia 2022 di Qatar
Piala Dunia 2022 di Qatar

SABAKOTA.ID - PIALA Dunia 2022 di Qatar bakal menjadi ajang pertandingan olah raga yang paling meriah, glamor, dan mahal.

Bisa jadi, Piala Dunia yang hanya untuk cabang sepak bola saja biayanya hampir sama dengan biaya yang dikeluarkan untuk penyelenggaraan Olimpiade yang mempertandingan semua cabang olah raga.

Itu semua karena sepak bola sudah terlanjur menjadi cabang oleh raga paling populer dan paling digemari manusia di dunia ini.  

Sebagai negara yang kaya raya, mungkin Qatar sudah tidak lagi memikirkan berapa berapa yang mereka keluarkan dan berapa yang mereka dapat dari penyelenggaraan Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Ferry Paulus Terpilih sebagai Dirut PT LIB Hasil RUPS Luar Biasa 2022
Data sejumlah media menunjukkan Qatar mengeluarkan dana sangat besar untuk proyeksi pemasukan yang jauh lebih kecil.

Itu artinya, ajang Piala Dunia 2022 ini bukan persoalan bisnis di bidang olah raga, tetapi lebih tepat dikatakan sebagai gengsi dan prestise.

informasi yang dihimpun menunjukkan bahwa FIFA mengalokasikan dana Rp6,8 triliun untuk hadiah yang Rp650 miliar di antaranya untuk juara Piala Dunia 2022. Tim yang tak lolos fase grup masing-masing akan memperoleh Rp132,9 miliar.

Baca Juga: Jordy Amat dan Sandy Walsh Resmi Jadi WNI dan Gabung Timnas

FIFA juga mengeluarkan dana operasional yang besar yang meliputi Rp3,82 triliun untuk televisi yang menyiarkan Piala Dunia 2022, Rp5,04 triliun untuk 32 tim yang bertanding, dan Rp3,2 triliun untuk kepanitiaan. Alhasil, total biaya operasional FIFA mencapai Rp26,3 triliun.

FIFA akan menutup biaya operasional sebesar itu dari pemasukan hak siar televisi, tiket, akomodasi dan sponsor yang jumlah kotornya mencapai Rp72,7 triliun dan netto Rp46,4 triliun.

Sepuluh persen dari pemasukan itu akan dialokasikan untuk 200-an asosiasi sepak bola nasional di seluruh dunia.

Baca Juga: Identitas Pemilik Akun yang Hina Ibu Negara Akhirnya Terbongkar
Qatar tak akan mendapatkan bagian dari pemasukan FIFA ini, padahal sebagai penyelenggara mereka telah mengeluarkan dana begitu banyak.

Untuk pengamanan turnamen saja Qatar membelanjakan dana Rp15,4 triliun.

Total Qatar mengeluarkan Rp3.404 triliun untuk Piala Dunia 2022 yang Rp154,7 triliun di antaranya untuk membangun tujuh stadion dan merenovasi satu stadion lainnya.

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: Antara Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X