• Sabtu, 20 Agustus 2022

Bambang HB : Peristiwa 27 Juli 1996 dan Reformasi 1998 adalah Satu Tarikan Nafas

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 08:44 WIB
Refleksi Peristiwa 27 Juli 1996 di Pendopo Bupati Banyumas
Refleksi Peristiwa 27 Juli 1996 di Pendopo Bupati Banyumas

SABAKOTA.ID PURWOKERTO - Peristiwa 27 Juli 1996, sejatinya bukan hanya peristiwa konflik internal di tubuh Partai Demokrasi Indonesia (PDI), khususnya antara kubu Megawati Soekarnoputri  dengan kubu Soerjadi.  Lebih dalam lagi, Peristiwa 27 Juli justru merupakan tonggak sejarah perlawanan menuju reformasi Indonesia.

Oleh sebab itu, sejarah Peristiwa 27 Juli 1996 layak untuk diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia yang pro reformasi, anti kepemimpinan yang diktatoris, dan sekaligus yang anti korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Pada hari Jumat malam (29/7/2022), sejumlah elemen masyarakat lintas organisasi masyarakat (ormas) berkumpul di Pendopo Bupati Banyumas dalam rangka melakukan refleksi bersama atas semangat kejuangan masyarakat dalam Peristiwa 27 Juli 1996, khususnya di wilayah Kabupaten Banyumas.

Baca Juga: Ajakan Hidup Bersama Pacar di Wonosobo Ditolak, Kopda Muslimin Putusa Asa

Kegiatan refleksi dengan menampilkan elemen-elemen masyarakat itu berlangsung cukup menarik. Beberapa tokoh saat itu, tampil sebagai narasumber antara lain Adi Tarso (Eksponen 96),  Bambang Hariyanto Bahrudin (tokoh PDI Pro Mega Kabupaten Banyumas), dan Febrian Nugroho (Aktivis Mahasiswa 1996).  Bertindak sebagai moderator adalah budayawan Jarot C Setyoko.

Acara dibuka dengan beberapa sambutan dari unsur pemkab Banyumas dan dari DPC. PDI Perjuangan Kabupaten Banyumas.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Banyumas yang hadir mewakili Pemkab Banyumas, Eko Heru, dalam sambutannya mengajak semua yang hadir untuk menjadikan Peristiwa 27 Juli 1996 sebagai pelajaran berharga, betapa pentingnya menghargai nilai-nilai demokrasi, terutama bagi pemerintah.  

Baca Juga: Dapat Laporan 54 WNI Jadi Korban TPPO di Kamboja, Ganjar Langsung Bertindak Cepat

 

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: Beragam Sumber

Tags

Terkini

X