• Sabtu, 20 Agustus 2022

Joko Mindarso, Sosok Modifikator dan Pemilik 25 Sepeda Motor Lawas yang Menjadi Keren Lagi

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:21 WIB
Joko Mindarso, guru SMA Negeri 2 Wonosobo yang memiliki 25 sepeda motor lawas yang sudah dimodifikasi. (Agus Hidayat)
Joko Mindarso, guru SMA Negeri 2 Wonosobo yang memiliki 25 sepeda motor lawas yang sudah dimodifikasi. (Agus Hidayat)

SABAKOTA.ID- Kalau ada pemodifikasi sepeda motor yang kemudian menjual hasil modifikasinya, itu sudah lazim. Namun kalau ada yang hobi memodifikasi dan tidak berminat untuk menjualnya barangkali sangat langka.

Joko Mindarso mungkin salah satu sosok langka yang tidak mau menjual sepeda motor modifikasi miliknya. Guru SMA Negeri 2 Wonosobo ini memang memiliki hobi mengotak atik rongsokan sepeda motor lawas sejak tahun 2005.

Dikatakan rongsokan karena memang dia selalu mencari sepeda motor lama khususnya yang bermesin 2 tak dan sudah tidak layak pakai untuk dirombak lagi sehingga bisa dikendarai.

Tidak hanya satu atau dua sepeda motor modifikasinya , namun total saat ini dia memiliki sekitar 25 sepeda motor dari berbagai jenis yang siap dikendarai. Dan hebatnya lagi, semua sepeda motor miliknya memiliki STNK yang masih hidup sehingga layak dikendarai di jalanan.

Baca Juga: Musim Agustusan, Penjual Bendera dan Umbul Umbul Asal Garut Mremo di Wonosobo

Joko Mindarso mengatakan dirinya sudah menyukai sepeda motor sejak kecil, namun untuk mengotak atik sepeda motor seperti sekarang dimulai tahun 2005.

Umumnya dia mencari sepeda motor rongsok yang sudah tidak bisa dikendarai sehingga bisa didapatkan dengan harga murah. Harga beli  rongsokan tersebut tidak sampai Rp. 2 juta. Bahkan banyak diantaranya yang harganya ratusan ribu rupiah.

“ Saya memang kadang telaten mencari rongsokan itu. Yang jelas barang itu sudah tidak ada harganya dan tidak lagi dipakai oleh pemiliknya,” ujar Joko.

Saking banyaknya sepeda motor yang sudah dimodifikasi, tidak semuanya disimpan di rumahnya karena memang tidak mencukupi ruangannya. 14 sepeda motor kini ditaruh diparkiran SMA 2 Wonosobo.

Ditanya mengenai biaya rehab, Joko mengatakan tidak membutuhkan biaya banyak untuk memodifikasinya, karena dia menggunakan komponen bekas yang masih bisa dipakai. Lama pengerjaan satu sepeda motor berkisar dua hingga tiga bulan.

Halaman:

Editor: Agus Hidayat

Sumber: liputan

Tags

Terkini

X