• Selasa, 27 September 2022

OTT Bupati Pemalang Terkait dengan Jual Beli Jabatan di Lingkungan Pemkab. Beberapa Pejabat Ikut Terseret

- Senin, 15 Agustus 2022 | 06:44 WIB
Ketua KPK Firli bahuri saat konferensi pers OTT Bupati Pemalang
Ketua KPK Firli bahuri saat konferensi pers OTT Bupati Pemalang

SABAKOTA.ID JAKARTA - Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo (MAW) yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diduga menerima suap sebesar Rp 6,1 miliar.

OTT terebut terkait dengan dugaan jual beli jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang, Jawa Tengah tahun 2021-2022.

Hal itu dikatakan ketua KPK Firli Bahuri saat jumpa pers di Gedung KPK Jakarta, Jumat (12/8/2022) lalu.

"Terkait pemenuhan posisi jabatan di Pemkab Pemalang, diduga MAW melalui Adi jumal Widodo (AJW) telah menerima sejumlah uang dari beberapa ASN di Pemkab Pemalang maupun dari pihak lain seluruhnya berjumlah sekitar Rp 4 miliar," kata Firli.
 

Lebih lanjut dikatakan Firli bahwa sejumlah uang yang yang telah diterima MAW melalui AJW dari pihak swasta/Komisaris PD Aneka Usaha (AU), selanjutnya dipergunakan untuk berbagai keperluan pribadi Mukti.

"MAW juga diduga telah menerima uang dari pihak swasta lainnya terkait jabatannya selaku Bupati sejumlah sekitar Rp 2,1 miliar, dan hal ini akan terus didalami lebih lanjut oleh KPK," kata Firli.

Untuk kepentingan pemeriksaan lebih lanjut, KPK telah menetapkan enam tersangka dalam kasus dugaan suap terkait jual beli jabatan di Pemkab Pemalang tahun 2021-2022. Sebagai penerima ialah MAW dan AJW.

Baca Juga: Surya Darmadi Dijadwalkan akan Tiba Di Indonesia Hari Ini Untuk Ikuti Proses Hukum di Kejaksaan Agung

Sedangkan sebagai pemberi, yaitu Penjabat Sekda Kabupaten Pemalang Slamet Masduki (SM), Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang Sugiyanto (SG), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pemalang Yanuaris Nitbani (YN), dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pemalang Mohammad Saleh (MS).

Pada kesempatan yang sama, Firli menjelaskan, MAW beberapa bulan setelah dilantik menjadi Bupati Pemalang merombak dan mengatur ulang terkait posisi jabatan untuk beberapa eselon di lingkungan Pemkab Pemalang.

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: YouTube KPK RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dedi Mulyadi Digugat Cerai Anne Ratna Mustika

Jumat, 23 September 2022 | 08:25 WIB

8 Anak Di Bawah umur Jadi Korban Ekploitasi Seksual

Kamis, 22 September 2022 | 06:05 WIB
X