• Selasa, 31 Januari 2023

Kita Institute dan Forum Madani Wonosobo Usulkan Perubahan Perbup 32 Tahun 2019

- Kamis, 19 Januari 2023 | 17:23 WIB
Suasana pertemuan koordinasi yang diselenggarakan Kita Institute
Suasana pertemuan koordinasi yang diselenggarakan Kita Institute

SABAKOTA.ID WONOSOBO - Peningkatan kualitas kesehatan ibu dan anak terus mendapatkan perhatian para penggiat organisasi masyarakat yakni Kita Institute dan Forum Madani Wonosobo.

Kedua organisasi masyarakat itu menyelenggaraan pertemuan koordinasi untuk memperkuat advokasi dengan isu penguatan akses masyarakat terhadap Dana Sosial Ibu Bersalin (Dasolin) dan Tabungan Ibu Bersalin (Tabulin), Kamis (19/1/2023).

Kedua isu tersebut sengaja  diangkat karena Kita Institute beralasan bahwa perhatian terhadap ibu bersalin itu sangat berpengaruh pada penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kemataian Bayi (AKB)  Hal itu juga menjadi bagian dari dukungan Kita Institute terhadap program kesehatan yang dicanangkan Pemerintah kabupaten Wonosobo.

Baca Juga: Murid dan Guru Ngaji yang Ingin Dapat Pengobatan Gratis, simak langkahnya!

Direktur Kita Institute, Eka Munfarida, dalam sambutannya mengatakan bahwa Kita Institute dan Forum Madani Wonosobo dengan didukung oleh USAID Madani, berupaya untuk berkontribusi dalam pembangunan sektor kesehatan.

 

Dikatakan oleh Eka bahwa sektor kesehatan sangat penting karena merupakan bagian dari kebutuhan dasar masyarakat.  Selain itu, kulaitas kesehatan masyarakat akan menentukan kualitas sumber daya manusia sehingga berpengaruh pada masa depan bangsa dan negara.

Salah satu sisi penting dari pembangunan kesehatan adalah penyiapan pembiayaan persalinan terutama bagi ibu bersalin yang tidak memiliki kepesertaan JKN. Keterbatasan biaya akibat kemiskinan seringkali menjadi penyebab kematian ibu bersalain maupun bayinya.

Baca Juga: Jokowi Desakkan RUU PPRT Masuk Daftar Prioritas DPR Tahun 2023. Sudah 19 Tahun Mandeg di DPR

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: Liputan

Tags

Terkini

X