• Selasa, 31 Januari 2023

Kabupaten Batang Jadikan Pisang Tanduk Gebyar Sebagai Identitas Daerah

- Jumat, 20 Januari 2023 | 07:08 WIB
Penanaman pisang tanduk gebyar di Kabupaten Batang
Penanaman pisang tanduk gebyar di Kabupaten Batang

SABAKOTA.ID BATANG - Pemerintah Kabupaten Batang berencana untuk mematenkan tanaman pisang tanduk gebyar sebagai tanaman identitas daerah.

Varian tersebut dinilai memiliki harga jual yang bagus, sehingga mampu menekan angka inflasi daerah sekaligus menjaga ketahanan pangan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, pada acara penanaman pohon pisang tanduk gebyar, di lahan milik Kodim 0736/Batang, Desa Tragung, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Rabu (18/1/2023).

“Pisang tanduk gebyar ini merupakan tanaman identitas Batang, yang ke depan akan kami patenkan. Apalagi sudah ada di E-Katalog, jadi dikenal di kancah nasional,” tegasnya.

Baca Juga: Soal Kesambetnya Cak Nun, Gibran Tak Mau Perpanjang Masalah Karena Sudah Ada Permintaan Maaf

Ditambahkan, pangsa pasar pisang tanduk gebyar bahkan tidak hanya di Batang, tetapi telah merambah ke kabupaten/kota tetangga.

Sekretaris Dispaperta Batang, Sutadi menerangkan, untuk mengoptimalkan lahan, masyarakat bisa menanam tanaman sela di antara pohon pisang tanduk.

“Jarak tanam antarpohon pisang agak lebar. Di sela-sela tanaman akan ditanami kacang koro pedang yang bisa dipanen 3 bulan ke depan,” terangnya.

Baca Juga: Mengenang Oce Permana : Wartawan Sejati

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: jatengprov.co.id

Tags

Terkini

X