• Selasa, 31 Januari 2023

Upacara Hari Jadi Kabupaten Brebes Gunakan Tiga Bahasa

- Jumat, 20 Januari 2023 | 07:15 WIB
Upacara Hari Jadi Kabupaten Brebes gunakan tiga bahasa
Upacara Hari Jadi Kabupaten Brebes gunakan tiga bahasa

SABAKOTA.ID BREBES - Upacara peringatan Hari Jadi ke-345 Kabupaten Brebes diwarnai dengan pembacaan sambutan dalam tiga bahasa berbeda, yakni bahasa Indonesia, Sunda, dan Ngapak Brebesan.

Penjabat Bupati Brebes, Urip Sihabudin, menyebut, terletak di wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat membuat penduduk Brebes berkomunikasi dengan tiga bahasa, dalam kesehariannya.

Kabupaten Brebes memang unik. Selain daerahnya luas, penduduknya banyak, juga cara berkomunikasi dengan tiga bahasa. Masyarakat Brebes menggunakan Bahasa Ngapak Brebesan, Bahasa Sunda, dan Bahasa Indonesia,” tutur Urip usai upacara, di Alun-alun Brebes, Rabu (18/1/2023).

Baca Juga: Kabupaten Batang Jadikan Pisang Tanduk Gebyar Sebagai Identitas Daerah

Menurutnya, keragaman bahasa ini harus terus dipelihara sebagai kekayaan yang tak ternilai harganya. Terdapat enam kecamatan yang warganya berbahasa Sunda, yakni Salem, Bantarkawung, Losari, Banjarharjo, Ketanggungan, dan Larangan.

Enam daerah tersebut lebih banyak bersinggungan dengan daerah Jawa Barat sehingga menggunakan Bahasa Sunda.

Urip menuturkan, penggunaan tiga bahasa dalam sambutan upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Brebes sebagai upaya nguri-uri budaya.

Baca Juga: Soal Kesambetnya Cak Nun, Gibran Tak Mau Perpanjang Masalah Karena Sudah Ada Permintaan Maaf

Momentum Hari Jadi Brebes menjadi tonggak untuk memperkuat niat mengabdi dan melayani masyarakat Kabupaten Brebes, dengan lebih baik daripada sebelumnya.

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: jatengprov.co.id

Tags

Terkini

X