• Senin, 23 Mei 2022

Lumpia Semarang Paduan Cita Rasa Thionghoa-Indonesia

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 11:15 WIB
Lumpia semarang makanan khas Semarang paduan cita rasa Tionghoa dan Indonesia
Lumpia semarang makanan khas Semarang paduan cita rasa Tionghoa dan Indonesia

SABAKOTA.ID - JIKA Kita berkunjung ke Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah, jangan sekali-kali lupa dengan oleh-oleh khas Semarang. Apa oleh-oleh khas Semarang? banyak macamnya, tapi kali ini kita bahas yang paling istimewa yaitu Lumpia.

Lumpia semarang (atau loenpia semarang) adalah makanan semacam rollade yang berisi rebung, telur, dan daging ayam atau udang. Lumpia merupakan salah satu makanan Indonesia yang terpengaruh dari budaya Tionghoa.

Terdapat bermacam-macam jenis lumpia. Salah satu jenis lumpia yang terkenal adalah lumpia Semarang. Ada dua jenis lumpia semarang, yakni basah dan goreng. Pada kali ini, akan dibahas mengenai lumpia goreng.

Baca Juga: Pertama di indonesia, Para Ketua RT Diikutsertakan dalam BPJamsostek

Oleh-oleh khas Semarang ini memiliki rasa yang lezat serta tesktur yang krispi. Ada perpaduan rasa gurih dan manis pada bumbu isi lumpia. Isi lumpia sendiri biasanya terdiri dari rebung, wortel, tauge, telur orak-arik, serta daging ayam. Ciri khas lain pada lumpia goreng Semarang adalah ukurannya yang lumayan besar sehingga puas dan mengenyangkan.

Makanan ini mulai dijajakan dan dikenal di Semarang ketika pesta olahraga GANEFO diselenggarakan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno

Baca Juga: Ritual Botorono di Kabupaten Temanggung Tak Lekang Dimakan Jaman

BAHAN PEMBUATAN LUMPIA

Bahan pembuatan lumpia terdiri dari : kulit lumpia, potongan rebung muda yang telah dirbus, ayam cincang, telur orak-arik, bawang Bombay, bawang putih cincang, daun bawang, saus tiram, ecap, gula pasir, kaldu bubuk, minyak gorng.

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

STP UGM Raih Penghargaan Internasional

Sabtu, 21 Mei 2022 | 07:12 WIB
X