• Senin, 23 Mei 2022

Festival Ngapak Digelar untuk Lestarikan Bahasa Penginyongan

- Minggu, 19 Desember 2021 | 08:10 WIB
Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan festival yang unik yaitu Festival Ngapak
Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan festival yang unik yaitu Festival Ngapak

SABAKOTA.ID PURBALINGGA - Kabupaten Purbalingga merupakan salah satu kabupaten di wilayah eks karesidenan Banyumas.  Oleh sebab itu, secara kultural Kabupaten Purbalingga memiliki ciri khas budaya Banyumasan, termasuk pada sisi bahasa dan dialeknya.

Dialek Banyumasan atau dikenal pula dengan dialek "ngapak" merupakan salah satu dialeg bahasa yang terbilang unik dan menarik.  Selain itu, dengan bahasa Banyumasan itu pula nampak karakter warga Banyumas yang lugas, tegas, tanpa tedeng aling-aling.

Seiring dengan perkembangan jaman, tradisi budaya para lelhur harus mendapatkan perhatian agar tetap lestari tidak lekang dimakan jaman. Sebagai upaya melestarikan  bahasa penginyongan,  Pemkab Purbalingga melalui Dinporapar mengadakan Festival Ngapak dengan tema "Semanak Grapyak".

Baca Juga: Tujuh Hari Dinyatakan Hilang, Akhirnya Lukman Hakim Ditemukan dalam Keadaan Tidak Bernyawa

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar)  Purbalingga, Prayitno mengatakan tema yang diangkat itu merupakan gambaran dari semangat kebersamaan dan keramahan masyarakat Purblingga.

Festival Ngapak tahun ini diadakan di Obyek Wisata Golaga (Goa Lawa Purbalingga) yang berada di Kecamatan Karangreja.

“Festival yang baru pertama kali digelar di wilayah Banyumas raya ini sebagai salah satu upaya melestarikan bahasa daerah, khususnya bahasa Banyumasan. Sebagai orang Banyumas, tentu kita harus bangga dengan bahasa ngapak-ngapak yang dikenal dengan blakasutanya,” katanya, Sabtu 18 Desember 2021, sebagaimana dikutip dari Lensa Purbalingga.

Baca Juga: Mengenal Cagar Budaya Benteng Van Der Wijck. Benteng Unik Berbentuk Segi Delapan

Festival Ngapak ini merupakan serangkaian acara kebudayaan yang menampilkan budaya asli Banyumasan seperti kentongan dan ebeg.

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: Lensa Purbalingga

Tags

Terkini

STP UGM Raih Penghargaan Internasional

Sabtu, 21 Mei 2022 | 07:12 WIB
X