• Senin, 23 Mei 2022

Ibu Kasur dalam Google Doodle untuk Kenang Jasanya dalam Pendidikan Anak

- Senin, 17 Januari 2022 | 05:40 WIB
Tokoh pendidikan anak Ibu Kasur tampil dalam Google Doodle
Tokoh pendidikan anak Ibu Kasur tampil dalam Google Doodle

SABAKOTA.ID JAKARTA - Google Doodle kemarin Minggu, 16/1/2022, memilih tokoh dari Indonesia yaitu Sandiah atau yang lebih terkenal dengan nama Ibu Kasur.  

Ibu Kasur lahir di Jakarta pada 16 Januari 1926. Ibu Kasur dikenal sebagai sosok yang dekat dengan pendidikan anak. Lagu anak anak ciptaannya banyak dikenal selama bertahun tahun karena memiliki karakter dan kesederhanaan syairnya.

Ada satu ciri khas dari karya yang diciptakan Ibu Kasur untuk anak-anak yaitu tanpa huruf R. Hal tersebut dilakukan Ibu Kasur dengan tujuan memudahkan anak-anak mendengar, mengingat, dan mengucapkan.

Pasalnya, pada usia anak-anak biasanya akan kesulitan untuk melafalkan huruf R, bahkan biasanya menjadi L. Oleh karena itu, Ibu Kasur mengecualikan huruf R dari karya-karya di lagu ciptaannya.

Lagu ciptaan Ibu Kasur antara lain Kucingku, Bertepuk Tangan, dan Main Sembunyi, dan masih banyak lagu lainnya yang hingga kini tetap dinyanyikan oleh anak-anak.
Total dari lagu yang diciptakan Ibu Kasur ada sekitar 150 judul untuk anak-anak.

Bersama suaminya, Soerjono yang akhirnya dikenal dengan nama Pak Kasur, mendirikan Taman Kanak Kanak (TK) Mini di rumahnya tahun 1965. Bu Kasur juga menjadi pembawa acara Taman Indria di TVRI.

Pada Hari Anak Nasional tahun 1988, Ibu Kasur mendapatkan penghargaan Presiden atas prestasinya sebagai pendidik yang kreatif dan berdedikasi .

Ibu Kasur meninggal di Rumah Sakit Cikini Jakarta, 22 Oktober 2002 dan dimakamkan di samping suaminya di Desa Kaliori Kalibagor  Banyumas Jawa Tengah.**

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: Google

Tags

Terkini

STP UGM Raih Penghargaan Internasional

Sabtu, 21 Mei 2022 | 07:12 WIB
X