• Senin, 23 Mei 2022

6 Ciri gangguan Mental pada Remaja yang Perlu Anda Ketahui

- Senin, 17 Januari 2022 | 09:32 WIB
Orang tua harus tanggap terhadap perkembangan mental anak saat remaja
Orang tua harus tanggap terhadap perkembangan mental anak saat remaja

SABAKOTA.ID - GANGGUAN mental merupakan salah satu penyakit yang makin banyak dialami masyarakat seiring dengan meningkatnya dinamika sosial.  Penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja, pada tingkatan umur berapapun.

Oleh sebab itu, gangguan mental ini harus diwaspadai terutama oleh orang tua sebab usia anak remaja bisa mengalami gangguan jiwa.

Banyai ciri-ciri gangguan mental pada remaja sering kali terabaikan karena dianggap sebagai hal yang wajar terjadi di masa pubertas. Padahal, jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini bisa berdampak buruk bagi perkembangan emosi, kehidupan sosial, dan kesehatan fisik anak remaja.

Baca Juga: Pengunjung Candi Borbudur Wajib Gunakan Sandal Upanat

Gangguan mental sudah bisa dijumpai di usia remaja. Diperkirakan ada sekitar 49,5% remaja berusia 13–18 tahun mengalami gangguan mental, dan 22,2% di antaranya menderita penyakit mental yang berat.

Pada remaja, masalah kesehatan mental yang umum dialami adalah PTSD, ADHD, gangguan kecemasan umum, gangguan makan, skizofrenia, gangguan bipolar, dan depresi.

Baca Juga: Tonga Dihajar Tsunami Akibat Letusan Gunung Api Bawah Laut

Gangguan kesehatan mental pada remaja tak jarang memicu tindakan bunuh diri. Bahkan, sekitar 47% kasus bunuh diri di Indonesia terjadi pada anak usia remaja dan dewasa muda. Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk mengenal tanda-tanda gangguan mental pada remaja.

Ciri-cir Gangguan mental pada Remaja

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: Alodokter.com

Tags

Terkini

STP UGM Raih Penghargaan Internasional

Sabtu, 21 Mei 2022 | 07:12 WIB
X