• Selasa, 31 Januari 2023

Bahaya Sering Main Ponsel Sebelum Tidur yang Perlu Diwaspadai

- Minggu, 11 September 2022 | 09:25 WIB
Main handphone sebelum tidur berdampak buruk
Main handphone sebelum tidur berdampak buruk

SABAKOTA.ID - GODAAN untuk main ponsel sebelum tidur memang sulit dihindari, ya? Namun, kamu perlu tahu nih, kebiasaan satu ini ternyata bisa menurunkan kualitas tidur bahkan berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental, lho!

Biasanya, sebelum tidur, banyak orang yang akan menghabiskan waktu dengan menonton film di TV atau laptop, melihat perkembangan info terkini di sosial media lewat telepon seluler, bertukar pesan melalui aplikasi chat, hingga melakukan quality time bersama orang terdekat.

Nah, aktivitas-aktivitas sebelum tidur tersebut kerap melibatkan handphone (HP), kan? Padahal, menatap layar handphone sebelum tidur diketahui bisa memengaruhi kualitas tidur dan kesehatanmu.

Berikut ini adalah beberapa dampak main ponsel sebelum tidur yang harus kamu waspadai:

1. Menurunkan kualitas tidur

Saat menatap layar handphone, cahaya biru yang terpancar diketahui dapat menghambat produksi hormon melatonin. Menurunnya produksi dan pelepasan hormon ini dapat membuatmu lebih waspada dan terjaga serta menyulitkan proses tidur. Alhasil, esok harinya kamu jadi tidak berenergi dan sulit konsentrasi.

Selain itu, pancaran cahaya dari layar gadget juga akan menghambat fase tidur rapid eye movement (REM). Padahal, fase tidur ini penting untuk memulihkan fungsi kognitif dan kestabilan emosi.

2. Mengganggu ritme sirkadian

Kebiasaan main HP sebelum tidur dapat mengganggu ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah mekanisme alami tubuh untuk mengatur jadwal tidur dan bangun serta metabolisme tubuh setiap harinya.

Sebagai contoh, kamu adalah orang dengan tipe early bird yang produktif di pagi hari. Namun, karena main HP sebelum tidur, kamu yang biasanya tidur pada pukul 22.00 karena terbiasa bangun di pukul 05.00 pagi, jadi tidur pukul 00.00 dan tetap harus bangun di pukul 05.00.

Jika terus-menerus terjadi, kamu akan kekurangan waktu tidur dan susah fokus saat beraktivitas di pagi hari. Tidak hanya itu, kurangnya waktu dan kualitas tidur akan membuatmu mudah lelah dan kurang produktif.

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: alodekter.com

Tags

Terkini

Utari Lukita Juara Lengger Idol Kabupaten Wonosobo

Sabtu, 24 Desember 2022 | 09:18 WIB

4 Poin Penting Pesan Natal Bersama KWI dan PGI

Selasa, 20 Desember 2022 | 06:46 WIB
X