• Selasa, 31 Januari 2023

Berjalan Kaki di Alam Bebas Baik untuk Penurunan Stres

- Minggu, 18 September 2022 | 11:12 WIB
Berjalan kaki di alam bebas baik untuk penurunan stres
Berjalan kaki di alam bebas baik untuk penurunan stres

SABAKOTA.ID - JALAN-JALAN di alam bebas memiliki efek baik bagi tubuh dan membuat rileks. Sebuah studi baru dari para peneliti di Max Planck Institute for Human Development mengungkap relasi sebab-akibat aktivitas tersebut dengan penurunan stres.

Penulis utama studi, Sonja Sudimac mengatakan berbagai studi yang sudah ada tidak benar-benar menyorotinya. Selama ini, belum jelas apakah lingkungan perkotaan yang menyebabkan seseorang stres atau paparan lingkungan alam yang bisa menguranginya.

"Sejauh ini masalah 'ayam dan telur' tidak bisa diurai, yaitu apakah alam benar-benar menyebabkan efek pada otak atau individu tertentu memilih untuk tinggal di daerah pedesaan atau perkotaan," ungkap Sudimac dikutip dari laman New Atlas, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Jintan Hitam untuk Kesehatan

Karena itu, dia dan tim peneliti merancang eksperimen unik guna mengetahui apakah menghabiskan waktu di alam bebas dapat secara langsung mengurangi respons stres. Sekitar 60 sukarelawan direkrut untuk penelitian ini. Kondisi mereka juga dicek lewat laboratorium.

Para peserta studi menjalani pemindaian MRI untuk mengetahui aktivitas di area otak yang bertanggung jawab untuk memproses stres, amigdala. Tidak hanya itu, semua peserta juga diminta menelakoni beberapa tes yang mengukur respons stres.

Pemindaian yang diterapkan berguna untuk menetapkan pengukuran dasar. Setelah itu, semua subjek secara acak diminta berjalan kaki di kota selama 60 menit atau berjalan di hutan selama 60 menit.

Rute perkotaan melalui sepanjang jalan yang sibuk di Berlin, Jerman. Sedangkan rute alam bebas melalui hutan terdekat dan area hijau terbesar di kota.

Baca Juga: Mau Umur Panjang? Ikuti Rekomendasi Berikut Ini

Setelah menyelesaikan perjalanan selama satu jam, para peserta kembali ke laboratorium dan mengulangi tes pencitraan MRI yang sama. Dari semua tes, peserta di kelompok alam bebas menunjukkan penurunan aktivitas di amigdala.

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: New Atlas

Tags

Terkini

Utari Lukita Juara Lengger Idol Kabupaten Wonosobo

Sabtu, 24 Desember 2022 | 09:18 WIB

4 Poin Penting Pesan Natal Bersama KWI dan PGI

Selasa, 20 Desember 2022 | 06:46 WIB
X