• Selasa, 31 Januari 2023

Makna Filosofis Di Balik Warna Merah dan Kuning Emas pada Perayaan Imlek

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:53 WIB
ornamen imlek yang khas berwarna merah dipadu dengan warna kuning emas
ornamen imlek yang khas berwarna merah dipadu dengan warna kuning emas

SABAKOTA.ID - HARI Raya Imlek tahun ini jatuh pada hari minggu, 22/1/2023. kemeriahan perayaan Imlek telah terasa beberapa waktu sebelumnya. 

Kemeriahan menyambut Imlek itu bisa kita temui di kelenteng, mall/pusat perbelanjaan, hotel, dan rumah makan.  Di tempat-tempat itu, banyak ditemui ornamen dan dekorasi khas Imlek.

Namun ada yang menimbulkan rasa penasaran bagi masyarakat awam.  Mereka seringkali bertanya mengapa Imlek selalu identik dengan warna merah dan kombinasi warna kuning emas?

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Tiga Terduga Teroris, Satu Diantaranya Driver Ojol

Warna merah memiliki makna filosofis bagi warga masyarakarat Tionghoa. Bagi mereka, warna merah menyimbolkan kemakmuran.  Oleh sebab itu secara filosofis, tahun baru Imlek diyakini akan membawa kemakmuran yang akan terus menyertai sepanjang tahun.

Selain bermakna sebagai kemakmuran, warna merah juga melambangkan semangat, keberuntungan, hingga antusiasme. Warna dalam perayaan ini menjadi doa dan harapan untuk yang merayakannya.

Baca Juga: Polisi Berhasil Ungkap Misteri Pembunuhan Berantai yang Terjadi di Bekasi dan Cianjur

Sementara itu, warna kuning emas dalam perayaan Imlek melambangkan sebuah keagungan. Pasalnya, emas menjadi warna baju yang digunakan oleh para kaisar saat memimpin kerajaan.

Warna emas juga melambangkan kemakmuran dan perekonomian yang baik. Oleh sebab itu, orang Tionghoa selalu selalu menggunakan warna itu bagi yang memiliki kedudukan atau berkuasa. Hal ini juga sama digunakan pada perayaan Imlek dengan harapan kemakmuran.

Halaman:

Editor: Sarwanto Priadi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Utari Lukita Juara Lengger Idol Kabupaten Wonosobo

Sabtu, 24 Desember 2022 | 09:18 WIB

4 Poin Penting Pesan Natal Bersama KWI dan PGI

Selasa, 20 Desember 2022 | 06:46 WIB
X